In-depth

Ironi Nasib Myanmar, Tim Paling Tidak Beruntung di Piala AFF 2022

Senin, 26 Desember 2022 19:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @myanmarff
Timnas Myanmar menuju lokasi latihan Piala AFF 2022. Copyright: © Instagram @myanmarff
Timnas Myanmar menuju lokasi latihan Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Meski ada Laos dan Brunei Darussalam yang kemasukan gol hampir selusin, Myanmar menjadi tim yang paling tidak beruntung di babak penyisihan grup Piala AFF 2022.

Sebagian besar tim sudah menjalani dua pertandingan pertama babak penyisihan grup Piala AFF 2022. Ada tiga tim yang sudah kalah dalam dua laga yang dijalani.

Laos dan Brunei Darussalam menjadi tim yang paling banyak kebobolan 10 gol usai dua kali menelan kekalahan di pertandingan grup masing-masing.

Myanmar juga menelan dua kali kekalahan. Kekalahan tersebut didapat usai menghadapi Malaysia (21 Desember) dan Singapura (24 Desember).

Namun demikian, kekalahan Myanmar ini lebih mengenaskan dari yang dialami Laos dan Brunei karena perjuangan yang telah ditunjukkan dalam dua laga tersebut.

INDOSPORT menjelaskan mengapa Myanmar bisa menjadi tim yang mengalami nasib tragis di Piala AFF melihat dari perjuangan mereka dalam dua pertandingan pertama mereka:

Myanmar vs Malaysia

Myanmar mengawali Piala AFF 2022 dengan hasil mengecewakan. Berhadapan dengan Malaysia, tim berjulukan Singa Asia itu menelan kekalahan dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Thuwunna Stadium, Myanmar tampil menggebrak melawan Malaysia. Mereka mampu dominan demi mencetak gol cepat.

Anak asuh Antoine Hey ini tercatat melepaskan 7 tembakan, dengan 2 di antaranta mengarah ke arah gawang lawan. Namun Myanmar kurang efektif memanfaatkan peluang.

Mampu menahan imbang 0-0 di babak pertama, Myanmar masih berusaha mendominasi permainan. Namun, Myanmar seolah-olah terlena dengan serangan mereka sendiri.

Celah di lini pertahanan Myanmar dimanfaatkan oleh Malaysia untuk memecah kebuntuan di menit ke-52. Faisal Halim mencetak gol lewat umpan terobosan dari Safawi Rasid.