Piala Dunia 2022

Wasit Final Piala Dunia 2022 Akui Bikin Banyak Kesalahan dan Rugikan Prancis, Layak Diulang?

Senin, 26 Desember 2022 05:03 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Momen pemain Prancis Kylian Mbappe bersama Marcus Thuram dan Dayot Upamecano usai kalah di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Momen pemain Prancis Kylian Mbappe bersama Marcus Thuram dan Dayot Upamecano usai kalah di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Wasit final Piala Dunia 2022, Szymon Marciniak, mengaku telah banyak melakukan kesalahan yang merugikan Prancis.

Turnamen sepak bola paling bergengsi antar negara, Piala Dunia 2022, memang telah rampung digelar di Qatar, pada Minggu (18/12/22) lalu.

Dua negara yang tampil di partai final juga telah memunculkan juaranya, yakni Argentina. Mereka mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti.

Sebelumnya kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal, lalu 3-3 di waktu perpanjangan. Skor imbang itu membuat pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu tos-tosan, Argentina menang 4-2. Hasil itu membuat Albiceleste berhak meraih gelar juara Piala Dunia.

Meski pertandingannya sudah selesai sejak beberapa waktu lalu, tetapi kontroversi yang terjadi di pertandingan itu ternyata masih ramai dibahas.

Terutama soal kepemimpinan wasit, Syzmon Marciniak, yang dinilai publik tidak bertindak tegas dalam memimpin pertandingan krusial empat tahunan tersebut.

Pria berusia 41 tahun itu juga mengakui kalau kepemimpinannya di laga itu memang jauh dari kata sempurna.
Ia merasa ada beberapa keputusan yang seharusnya tidak diambil, dan itu merugikan Prancis.

"Tentu saja, ada kesalahan yang dilakukan oleh saya di laga final," kata Marciniak kepada Express.

"Saya menganggu upaya serangan balik Prancis, setelah tekel buruk yang dilakukan Marcos Acuna,” tambahnya.

"Saat itu saya mengira pemain yang dilanggar (Kingsley Coman) akan tergeletak lama, namun saya keliru membaca situasi.

"Karena tidak ada cedera seirus yang terjadi, dan seharusnya saya memberikan keuntungan untuk Prancis, lalu memberikan kartu kuning untuk Acuna," tukasnya.