Bola Internasional

Sebelum Brunei, 2 Tim Pernah Jadi Korban Kedigdayaan Timnas Indonesia di Piala AFF

Selasa, 27 Desember 2022 12:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Kemenangan 7-0 Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam di Piala AFF 2022 menjadi kemenangan terbesar ketiga Merah Putih di turnamen ini. Tim mana korban sebelumnya?

Bertanding di Kuala Lumpur Stadium, Timnas Indonesia tampil perkasa melawan tuan rumah Brunei Darussalam. Sebanyak 7 gol tanpa balas berhasil dilesakkan skuad Garuda tanpa balas.

Gol berhasil dicetak Syahrian Abimanyu (20’), Dendy Sulistyawan (41’), Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2).

Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia berhasil mengoleksi enam poin dengan torehan sembilan gol serta satu kebobolan di sepanjang laga Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen Piala AFF 2022, setelah kalah unggul dalam selisih gol dari Thailand yang juga menang 4-0 atas Filipina pada laga Senin malam WIB.

Setelah menaklukkan Brunei, pasukan Shin Tae-yong akan menjalani laga berat melawan juara bertahan Thailand pada Kamis (29/12/22) di Stadion Utara Gelora Bung Karno.

Akankah laga melawan Thailand ini menjadi ujian Timnas Indonesia ataukah memperpanjang catatan kemenangan terbesar yang diraih Fachrudin Aryanto dan kawan-kawan.

Sebab, sebelun menaklukkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia juga pernah mencatatkan kemenangan terbesar dalam dua edisi Piala AFF berbeda.

Kemenangan terbesar ini terjadi karena Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor lebih dari 5-0, bahkan salah satunya mampu mencetak selusin lebih gol ke gawang lawan.

Untuk mengenang kembali momen tersebut, INDOSPORT memaparkan dua kemenangan terbesar Timnas Indonesia sebelum kemenangan atar Brunei Darussalam.