Bola Internasional

Alasan Pele Tak Pernah Menangi Ballon d'Or meski Jadi Legenda Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 30 Desember 2022 14:26 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Ini alasan mengapa legenda Brasil, Pele tak pernah mendapat Ballon d'Or meski jadi pemain terbaik sepanjang masa (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo) Copyright: © REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Ini alasan mengapa legenda Brasil, Pele tak pernah mendapat Ballon d'Or meski jadi pemain terbaik sepanjang masa (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

INDOSPORT.COM - Pele menjadi legenda sepak bola terbaik sepanjang masa. Tapi, kenapa ia tak pernah memenangi penghargaan Ballon d'Or  sekalipun? Ternyata Ini alasannya.

Legenda sepak bola asal Brasil, Pele memang memiliki sederet prestasi. Mulai dari menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali, hingga menjadi inspirasi sejuta orang di dunia.

Pele sukses membawa Timnas Brasil menjadi rajanya Piala Dunia selama tiga tahun berturut, yakni pada tahun 1958, 1962 dan 1970.

Sudah sepatutnya ia masuk dalam bursa calon pemenang penghargaan paling bergengsi di dunia sepak bola,Ballon d'Or  di masa itu.

Namun, kenyataannya Pele tak pernah dinobatkan sebagai yang terbaik. Tercatat, penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1958 justru jatuh ke tangan Raymond Kopa.

Raymond Kopa merupakan seorang playmaker depan yang sukses membawa Timnas Prancis meraih juara ketiga di gelaran Piala Dunia tahun tersebut.

Kemudian pada tahun 1962, lagi-lagi Pele gagal mendapat Ballon d'Or. Penghargaan itu malah jatuh pada tangan Josef Masopust, pemain yang mengantarkan Cekoslovakia menjadi runner-up Piala Dunia.

Sedangkan di tahun 1970, Ballon d'Or diraih oleh Gerd Mueller, yang membawa Timnas Jerman meraih medali perunggu Piala Dunia di tahun yang sama.

Pele merupakan pemain hebat yang sukses menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali. Namun, mengapa di tahun tersebut Ballon d'Or malah diberikan kepada pemain dari negara kalah.

Mengingat seharusnya penghargaan paling bergengsi itu diberikan kepada pesepakbola hebat yang paling berkontribusi bagi negaranya menjuarai Piala Dunia. Berikut alasan lengkapnya.