Liga Indonesia

Mental Baja! Bek Persib Zalnando Akui Tak Trauma Cedera Meski Sempat Patah Tulang Kaki

Minggu, 1 Januari 2023 22:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Zalnando, saat berlatih di Stadion GBLA, beberapa waktu lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Zalnando, saat berlatih di Stadion GBLA, beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung di Liga 1, Zalnando, mengaku tidak merasa trauma setelah mengalami cedera patah tulang dibagikan kaki kirinya.

Menurut Zalnando, mengalami cedera merupakan salah satu risiko sebagai pemain sepak bola, sehingga bek asal Kota Cimahi ini tidak merasa trauma dan siap untuk kembali bertanding saat kondisinya sudah pulih.

Sebagai informasi, cedera tersebut didapat Zalnando, saat Persib melakoni pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 menghadapi Dewa United di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/12/22).

Saat itu, Zalnando mengalami cedera dislokasi kaki kiri, yang membuatnya tidak dapat melanjutkan laga di menit 79. Setelah itu, dia dibawa tim medis Persib ke rumah sakit di Solo.

Keesokan harinya, bersama dokter tim Persib, Rafi Ghani, Zalnando pulang ke Bandung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit di Kota Bandung dan menjalani operasi, Jumat (16/12/22).

"Kalau trauma sih saya pribadi gak ada, karena ini memang risiko perjalanan, saya sekali seumur hidup main bola jadi buat apa trauma," ucap Zalnando.

"Gas lagi aja kalau udah sembuh, karena bagian dari pekerjaan saya," tegas pemain yang sempat memperkuat Sriwijaya FC ini.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 27 ini menuturkan, sejauh ini program pemulihan cederanya berjalan dengan lancar, selain itu diperkirakan butuh waktu tiga sampai empat bulan untuk memulihkan kondisinya.

Saat aktivitas tim diliburkan, Zalnando terlihat, mulai berlatih mandiri di ruangan gym Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (29/12/22).

"Tiga bulan, paling lama empat bulan. tiga bulan sudah normal. Pertama kena itu 14 Desember, operasi 16 Desember, sekarang sudah masuk dua minggu," ungkap Zalnando.