Liga Indonesia

Respek, Laga Filipina vs Timnas Indonesia Diawali Hening Cipta untuk Pele

Senin, 2 Januari 2023 20:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan antara Filipina vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, (02/01/23) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan antara Filipina vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, (02/01/23)

INDOSPORT.COM - Laga Filipina vs timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 diawali dengan momen mengheningkan cipta untuk legenda sepak bola asal Brasil yang baru berpulang, Pele.

Bentrok Filipina menjamu timnas Indonesia berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/23). Kedua tim mengitari bundaran tengah lapangan dan berdoa untuk Pele yang wafat pada 29 Desember kemarin.

Prosesi sakral yang dipimpin wasit asal Yordania, Ahmad Faisal Mohammad Al Ali, di Stadion Rizal Memorial tersebut berlangsung selama semenit.

Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento meninggal dunia pada usia 82 tahun di Brasil akibat komplikasi kanker usus yang dideritanya. Dia diangggap salah satu pesepak bola terbaik, paling berpengaruh, dan sangat dihormati di dunia.

Dia merupakan satu-satunya pesepak bola yang mampu memenangi tiga trofi Piala Dunia, masing-masing pada edisi 1958, 1962, dan 1970. Pele bareng legenda Argentina, Diego Maradona, telah dianugerahi FIFA Player of the Century.

Ada pun timnas Indonesia menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, pada pukul 19.30 WIB. 

Partai tersebut penting bagi timnas Indonesia karena menentukan langkah ke fase berikutnya. Merekaa akan menyegel slot semifinal Piala AFF 2022 jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina

Untuk menjadi juara grup, timnas Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang sedang melawan Kamboja di waktu bersamaan.

Saat ini, timnas Indonesia menduduki peringkat kedua Grup A Piala AFF 2022 dengan raihan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga, tetapi unggul selisih gol (+9).