Bola Internasional

Curi 1 Poin di GBK, Park Hang-seo: Vietnam Lebih Kuat dari Timnas Indonesia

Sabtu, 7 Januari 2023 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Vietnam perpanjang rekor tak terkalahkan di Piala AFF 2022 setelah tahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 0-0 pada leg pertama semifinal, Jumat (06/01/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. 

Dengan hasil itu, Vietnam belum pernah kalah dalam lima laga di Piala AFF tahun ini. Sebelumnya di babak penyisihan Grup B, tim Golden Star Warrior raih tiga kemenangan dan sekali imbang.

Saat lawan Indonesia, Vietnam lebih unggul ball possesion dengan 56 persen berbanding 44 persen. 

Tapi tim asuhan Park Hang-seo hanya catatkan empat shoot on target, kalah jauh dibanding delapan milik skuad Garuda.

Park Hang-seo pun mengakui jika Indonesia telah berkembang jadi tim yang tangguh. Kehadiran pelatih Shin Tae-yong dan sejumlah pemain naturalisasi meningkatkan kualitas permainan tim Merah Putih.

"Seperti yang diketahui juga, Shin Tae-yong sudah dua tahun bekerja di Indonesia dan memiliki sejumlah pemain naturalisasi."

"Saya sudah pernah mengalahkan Indonesia 4-0 dan satu imbang, dan terdekat kami mengalahkan Indonesia U-23 di SEA Games (skor 3-0)," kata Park Hang-seo.

Kendati memuji Indonesia, Park Hang-seo menyatakan Vietnam jauh lebih kuat. Itu terbukti mereka tak kalah, walau dapat serangan bertubi-tubi pada laga kemarin sore.

"Iya tentu, Indonesia adalah tim yang kuat, tapi saya kira tim kami lebih kuat," ucap pelatih 65 tahun itu.

"Sekali lagi, saya kira Indonesia tim yang kuat, tapi Vietnam lebih kuat," tegas Park.