Bola Internasional

Usai Pulangkan Timnas Indonesia dari Piala AFF 2022, Vietnam Torehkan Rekor Baru

Selasa, 10 Januari 2023 09:56 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Vietnam kembali memecahkan rekor seusai mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-0 pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin (09/01/23).

Bermain di hadapan ribuan fans The Golden Star di My Dinh National Stadium, Vietnam langsung tancap gas menggempur pertahanan Timnas Indonesia.

Alhasil, baru tiga menit pertandingan berjalan, Vietnam langsung berhasil membuka keunggulan lewat aksi Nguyen Tien Linh.

Tertinggal sejak menit-menit awal, timnas Indonesia mencoba untuk keluar dari tekanan dan berusaha mengejar ketertinggalan.

Situasi tersebut membuat armada Park Hang-seo akhirnya memutuskan untuk bermain dengan mengandalkan serangan balik cepat.

Pada menit ke-24, Dendy Sulistyawan terjatuh di dalam kota penalti Vietnam setelah dilanggar Que Ngoc Hai. Akan tetapi wasit tidak menganggap hal itu sebagai pelanggaran.

Pertandingan pun selanjutnya berjalan keras. Keributan bahkan sempat terjadi antara Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran terhadap Asnawi Mangkualam.

Meski begitu, skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Indonesia lagi-lagi harus kecolongan di menit-menit awal.

Dua menit babak kedua baru berjalan, Nguyen Tien Linh lagi-lagi berhasil menjebol gawang Indonesia yang dijaga Nadeo Argawinata. Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga babak kedua usai.

Kemenangan ini membuat Vietnam berhak melaju ke final Piala AFF 2022. Selain berhasil memastikan diri ke final, dalam kemenangan melawan Indonesia, armada Park Hang-seo turut memecahkan rekor.