In-depth

Termasuk Joao Felix dan Pesakitan Liverpool, Ini 5 Alumni Mahal Benfica yang Flop Setelah Dijual

Rabu, 11 Januari 2023 21:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Angel Martinez/Getty Images
Benfica memang tidak lagi masuk dalam kategori klub terbesar dunia namun kini mereka telah bertransformasi menjadi tim yang lihai dalam berdagang. Copyright: © Angel Martinez/Getty Images
Benfica memang tidak lagi masuk dalam kategori klub terbesar dunia namun kini mereka telah bertransformasi menjadi tim yang lihai dalam berdagang.

INDOSPORT.COM - Benfica memang tidak lagi masuk dalam kategori klub terbesar dunia namun kini mereka telah bertransformasi menjadi tim yang lihai dalam berdagang.

Sebut saja Joao Felix, Ruben Dias, Ederson, Axel Witsel, Angel Di Maria, hingga Nemanja Matic. Semua pemain tersebut mereka jual dengan untung besar usai memelihara mereka di akademi ataupun mendatangkan mereka saat muda menggunakan uang yang tidak seberapa mahal.

Menurut data dari Transfermarkt, saat ini Benfica adalah kesebelasan yang memiliki laba terbanyak dari bursa transfer sepuluh tahun terakhir dengan raupan tidak kurang dari 1,7 miliar Euro!.

Sayangnya seringkali para pemain yang sudah dirawat dan kemudian dijual mahal oleh klub asal kota Lisbon itu kemudian gagal mencapai potensi terbaiknya di klub baru mereka.

Entah karena terbebani banderol mereka atau tidak mampu beradaptasi dengan level yang lebih tinggi namun kasus flopnya eks Benfica bukan lagi cerita baru. Siapa sajakah mereka? Berikut bahasannya.

1. Joao Felix

Dengan harga menyentuh angka 127 juta Euro, penjualan Joao Felix ke Atletico Madrid pada 2019/2020 silam menjadi laba terbesar Benfica sepanjang sejarah.

Padahal kala itu sang penyerang Portugal baru berusia 20 tahun. Semakin luar biasa mengingat Benfica memungutnya secara cuma-cuma usai dibuang akademi FC Porto saat masih kanak-kanak.

Namun setelah tiga tahun bersama Atletico, Felix yang mulanya diprediksi bakal jadi pemenang Ballon d'Or masa depan sinarnya justru meredup. Ia memang membantu Los Rojiblancos memenangi satu Liga Spanyol namun kontribusinya diangga tidak sepadan dengan harga.

Felix hanya punya 34 gol dan 18 assist dari 131 penampilan sejauh ini. Penyebabnya dicurigai adalah efek taktik Atletico yang tidak mengedepankan penyerangan.

Kini Joao Felix tengah berusaha mengembalikan pendar kariernya seperti saat di Benfica dengan mencari jalan keluar dari Atletico Madrid. Chelsea akan jadi destinasinya untuk sisa musim 2022/2023 sebagai pinjaman.