Bola Internasional

Ranking Malaysia Melesat Meski Gagal ke Final Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Anjlok?

Kamis, 12 Januari 2023 18:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Malaysia mengalami lonjakan peringkat dunai FIFA meski gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Lantas bagaimana dengan Timnas Indonesia?(Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM - Malaysia mengalami lonjakan peringkat dunai FIFA meski gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Lantas, bagaimana dengan timnas Indonesia?

Malaysia menyusul jejak timnas Indonesia yang gagal mengamankan tiket partai puncak turnamen se-Asia Tenggara, Piala AFF 2022.

Pasukan Kim Pan-gon tersebut gagal ke final usai dikalahkan sang juara bertahan Thailand di semifinal Piala AFF 2022 dengan skor agregat 1-3.

Sempat unggul 1-0 pada pertemuan pertama di Bukit Jalil, Malaysia kena comeback saat bertandang ke markas Thailand di Thammasat Stadium dengan skor akhir 3-0.

Hasil ini membuat Malaysia harus puas menjadi semifinalis sedangkan skuad Alexandre “Mano” Polking melaju ke final dan sudah ditunggu Vietnam di perebutan gelar juara.

Kendati menelan kekalahan menyakitkan dari Thailand, namun Harimau Malaya telah membukukan catatan impresif pada ranking FIFA terbaru.

Sepanjang Piala AFF 2022, Malaysia telah mencatat empat kali menang dan dua kali kalah. Catatan ini memberikan tambahan +5,385 poin untuk Malaysia.

Melansir dari Footy Rankings di Twitter, tambahan poin yang cukup signifikan ini bakal mendongkrak posisi Malaysia ke peringkat 142 dunia, naik 3 anak tangga dari posisi sebelumnya.

Catatan ini membuat rapor Kim Pan-gon yang dituntuk sebagai pelatih Malaysia sejak Maret 2022 semakin hijau.

Bagaimana tidak, dia membantu Malaysia melompat 12 posisi di peringkat dunia, dari peringkat 154 dunia ke 142 dunia dalam waktu kurang dari setahun.