Liga Indonesia

Kompetisi Liga 2 Resmi Dibubarkan PSSI, Atta Halilintar: Kapok!

Jumat, 13 Januari 2023 09:50 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
© Prabowo/Indosport
Kelanjutan Liga 2 2022/2023 resmi dihentikan, keputusan ini disambut kecewa oleh banyak pihak termasuk pemilik klub FC Bekasi City, Atta Halilintar Copyright: © Prabowo/Indosport
Kelanjutan Liga 2 2022/2023 resmi dihentikan, keputusan ini disambut kecewa oleh banyak pihak termasuk pemilik klub FC Bekasi City, Atta Halilintar

INDOSPORT.COM - Kelanjutan Liga 2 2022/2023 resmi dihentikan, keputusan ini disambut kecewa oleh para pesepak bola tanah air dan pemilik klub FC Bekasi City, Atta Halilintar.

PSSI menyatakan dalam rapat komite eksekutif (Exco), bahwa pihaknya resmi menghentikan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Keputusan PSSI tersebut diambil berdasarkan hasil rapat Exco yang dilangsungkan di kantor PSSi, GBK Arena, pada Kamis (12/01/23).

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyampaikan bahwa ketetapan tersebut diambil berdasarkan sejumlah faktor, salah satunya ada permintaan sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tersebut tidak dilanjutkan.

Hal ini mengacu pada ketidaksesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antaraklub, operator serta pelaksanaan Liga 2, dinilai sulit dirampungkan sebelum Piala Dunia U-20 2023.

Selain itu, PSSI juga menghentikan perhelatan Liga 3 putaran nasional 2022/2023 . Dengan demikian, Liga 1 Indonesia akan tetap berlangsung tanpa adanya sistem degradasi. 

Sejumlah pihak menilai, keputusan tersebut menimbulkan efek domino yang buruk dalam kompetisi sepak bola Indonesia. Tak sedikit publik juga berasumsi liar.

Penghentian Liga 2 ini digadang-gadang, terdapat konspirasi PSSI dengan sejumlah pihak. Bahkan, salah satu eks bek andalan Timnas Indonesia, Hamka Hamzah membeberkan barang buktinya di jagad maya.

YouTuber kondang serta pemilik klub Liga 2, FC Bekasi City, Atta Halilintar juga mengungkapkan kekecewaanya soal penghentian Liga 2 2022/2023.

Melalui Instagramnya, Atta mengunggah daftar klasemen Liga 2 di mana FC Bekasi City memimpin klasemen. Atta hanya mencantumkan caption "Sekian. dan terima kasih sepakbola. #kapok". Hastag kapok pun menghiasi kekecewaan yang diluapkan istri Aurel Hermansyah ini di unggahan instagramnya.