Liga Indonesia

Liga 1: Rumor Palsu Diincar Klub Jerman, Wonderkid PSM Simpan Mimpi ke Luar Negeri

Selasa, 17 Januari 2023 10:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penyerang belia klub Liga 1 PSM Makassar, M Ramadhan Sananta. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penyerang belia klub Liga 1 PSM Makassar, M Ramadhan Sananta.

INDOSPORT.COM - Penyerang muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta, mengaku ingin berkarier di luar negeri. Saat ini, dia fokus penuh membantu tim berprestasi di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sananta langsung mengamuk sepulang dari timnas Indonesia. Tanpa ada waktu istirahat panjang, ia mengambil keputusan langsung membela PSM.

Tenaga yang jarang terpakai di Piala AFF 2022 justru menguntungkan PSM. Pada aksi perdana kontra PSS Sleman, Sananta menggila dengan mencetak dua gol.

Brace tersebut membantu PSM Makassar memenangi laga pekan ke-18 Liga 1 2022-2023 dengan skor 4-0 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sabtu (14/1/23) sore.

Entah terkait atau tidak, Sananta sempat diterpa isu dilirik klub Jerman sebelum melawan PSS Sleman. Isu itu awalnya diembuskan akun Twitter berbahasa Jerman, @Zwulfulf.

Akun itu sempat menyebar rumor terkait aktivitas klub Bundesliga 2, St Pauli, mengamati Sananta. Mantan pilar Persikabo 1973 dianggap sebagai salah satu talenta berkualitas dari Indonesia.

Terkait rumor itu, Sananta tak menanggapi secara serius. Meski akun tersebut mengikuti Twitter pribadinya, dia menganggap hal itu hanya sebagai rumor belaka.

"Soal rumor ke St Pauli saya pikir itu hanya sekadar rumor saja," kata Ramadhan Sananta singkat kepada awak media, Minggu (15/1/23).

Setelah ramai menjadi pembahasan di Indonesia, barulah akun tersebut mengakui rumor itu hanyalah informasi palsu yang dibuatnya. Dia tak menyangka hal itu akan menjadi pembahasan besar.

Meski begitu, Sananta mengaku memang ingin bermain di luar negeri. Ia akan kerja keras membawa PSM berprestasi supaya ada pintu menuju luar negeri.

"Ya kalau ditawarkan ke luar negeri, saya akan ambil keputusan ke luar, tapi untuk sekarang fokus dulu bersama PSM," tutur Ramadhan Sananta.