In-depth

Profil Jeonnam Dragons, Calon Klub Baru Asnawi Mangkualam di Liga Korea Selatan

Kamis, 26 Januari 2023 12:05 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Chalinee Thirasupa
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa Copyright: © REUTERS/Chalinee Thirasupa
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COMAsnawi Mangkualam dirumorkan akan segera bergabung dengan klub papan atas Liga Korea Selatan, K-League, Jeonnam Dragons.

Rumor kepindahan Asnawi Mangkualam dari Ansan Greeners ke Jeonnam Dragons diungkapkan oleh media Korea Selatan, Chosun Sports, Rabu (25/01/23).

Chosun Sports mengutip penyataan seorang pakar bursa transfer K-League, Park Chan-joon, yang menyebutkan bahwa Asnawi dijadwalkan menjalani tes medis sebelum gabung Jeonnam.

“Asnawi telah mengkonfirmasi kepindahannya ke Jeonnam. Setelah tes medis, Asnawi akan bergabung dengan tim Jeonnam di Changwon, tempat mereka berlatih,” ukar Park Chan-joon kepada Chosun Sports.

Meski sudah ada klaim dari media Korea Selatan, namun pihak Ansan Greeners, Jeonnam Dragons masih belum memberikan keterangan resmi terkait kepindahan Asnawi tersebut.

Kedatangan bek Timnas Indonesia tersebut diyakini bakal memperkuat sayap kanan Jeonnam Dragons yang melempem di kompetisi kasta kedua Liga Korea Selatan, K-League 2 musim lalu.

Finis sebagai juru kunci di klasemen akhir K-League 2 2022 membuat pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang Kwan ingin skuadnya bermain lebih agresif dan mendatangkan pemain baru untuk musim depan.

Jeonnam Dragons yang sudah mendatangkan bek tengah Kang Min-soo dan gelandang serang asal Brasil, Vladivia, butuh pemain baru untuk memperkuat lini sayap kanan.

Jeonnam Dragons memang cukup menyedihkan musim lalu setelah hanya mengandalkan winger kanan Kim Soo-boem. Oleh karenanya, Asnawi dibidik guna menambal kekurangan di lini tersebut.

Menurut Chosun Sports, Asnawi Mangkualam merupakan opsi terbaik Jeonnam karena dia memiliki kecepatan dan umpan terobosan, sangat cocok untuk gaya agresif Jeonnam.

Asnawi merampungkan musim 2022 bersama Ansan Greeners dengan catatan positif. Bek kanan serba bisa satu ini mampu mengemas total 26 penampilan di K League 2 dengan mencetak 2 gol dan 2 assist.