Liga Indonesia

Gagal Lengkapi Derita Persita di Liga 1, Begini Kata Pelatih Persis Solo

Minggu, 29 Januari 2023 19:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Persita Tangerang melawan Persis Solo di Indomilk Arena, Sabtu (28/1/23). (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Persita Tangerang melawan Persis Solo di Indomilk Arena, Sabtu (28/1/23). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bersyukur timnya masih bisa meraih satu poin di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (28/01/23). Laga berjalan sulit hingga Laskar Sambernyawa gagal melengkapi derita Persita Tangerang di Liga 1 2022/2023.

Rentetan kekalahan Persita dalam lima partai terakhir gagal dilanjutkan Persis Solo. Dalam laga pekan ke-21 Liga 1 ini, permainan Persis Solo tak berkembang.

Samsul Arif dkk. kesulitan membuat peluang. Sebaliknya, Persita berkali-kali membombardir pertahanan Persis Solo, terutama dari sayap kanan dan kiri.

Situasi bertambah sulit ketika kapten Persis Solo, Muhammad Abduh Lestaluhu, terkena kartu merah karena mendorong wasit Juhandri Setiana menit ke-76.

Makanya, ketika laga berakhir dengan skor 0-0, Leonardo Medina masih bersyukur. Hasil imbang ini melanjutkan tren buruk tiap bertemu Persita.

Dalam tujuh pertemuan sejak tahun 2007, Persita memenangkan empat laga dan tiga partai lain berakhir imbang.

"Pertandingan berjalan sulit. Saya ucapkan selamat kepada Persita, karena mereka berhasil menahan kami," kata Leonardo Medina usai pertandingan.

Menurut Leonardo, performa yang ditunjukkan Ryo Matsumura dkk. tak sesuai harapan. Untuk pertama kali sejak pekan ke-12, Persis Solo kalah telak dalam penguasaan bola.

Berdasarkan catatan dari tim statistik Liga 1, Persita menguasai 61 persen penguasaan bola, serta melepaskan sebelas tembakan dengan tiga diantaranya mengarah ke gawang.

Sementara Persis Solo hanya mencatatkan 39 persen penguasaan bola, melepaskan sepuluh tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran. Akurasi umpan yang biasanya di atas 85 persen merosot ke angka 77 persen.