Liga Indonesia

Persis Solo Mantapkan Sosok Pengganti Fabiano Beltrame, Leonardo Medina Beri Pujian

Minggu, 29 Januari 2023 16:44 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Prabowo/Indosport
Kanu Helmiawan, gelandang Persis Solo mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23 Copyright: © Prabowo/Indosport
Kanu Helmiawan, gelandang Persis Solo mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23

INDOSPORT.COM - Persis Solo sudah mantap menjadikan Muhammad Kanu Helmiawan sebagai pengganti Fabiano Beltrame. Performa Kanu di Liga 1 2022/2023 mendapat pujian pelatih Leonardo Medina.

Kanu tampil bagus ketika Persis Solo bermain imbang 0-0 kontra Persita di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (28/1/23). Kanu tak sekadar tangguh mengantisipasi serangan, namun juga pandai dalam build up permainan.

Tampil sebagai bek tengah sudah menjadi yang keenam bagi Kanu. Pada empat laga sistem bubble Liga 1, Kanu juga dipasang sebagai bek tengah ketika Fabiano sempat pulang ke Brasil.

Pada sistem bubble Liga 1, Kanu dipasangkan dengan Rian Miziar. Kini, mantan pemain Persita itu dipasangkan dengan Jaimerson Xavier.

Performa Kanu mendapat pujian dari pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Kanu bisa menjawab kepercayaan ketika ditugaskan sebagai pengganti Fabiano Beltrame.

"Saya sangat senang dengan perkembangan dari Kanu. Dia bermain baik dan menerima perpindahan dari posisi aslinya dengan baik, untuk melapisi absennya Fabiano," kata Leonardo, Sabtu (28/01/23) petang.

Perpindahan posisi sebagai bek tengah ini memberi keuntungan bagi Kanu. Pasalnya, jika tetap bekerja sebagai gelandang, peluang untuk main sangat sulit.

Persis Solo punya Taufiq Febriyanto, Shulton Fajar dan Sutanto Tan yang juga tampil bagus. Belum lagi keberadaan Zanadin Fariz yang kerap dijadikan pengganti.

Bagi Kanu, pergeseran posisi ini sudah dinikmatinya. Proses yang dijalani dalam latihan maupun beberapa pertandingan membuat Kanu lebih nyaman saat tampil melawan Persita.

"Memang di dalam latihan sudah diantisipasi. Saya sudah latihan sebagai center back, sebelum ada kejadian Fabiano. Saya juga sudah main berduet dengan Rian Miziar. Jadi sekarang sudah terbiasa main center back," jelas Kanu.