Liga Indonesia

Tak Gratis, Persija Jakarta Rela Tebus Biaya Transfer Witan Sulaeman dari AS Trencin

Selasa, 31 Januari 2023 11:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta secara resmi mendaftarkan Witan Sulaeman sebagai pemain baru ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk putaran kedua Liga 1 2022/2023. Ia jadi pemain kelima yang didatangkan tim Macan Kemayoran.

Witan didatangkan untuk menambah kedalam skuad asuhan Thomas Doll. Dia akan berseragam merah kebesaran Persija selama 3,5 tahun atau 42 bulan ke depan berdasarkan keterangan resmi dari pihak klub.

Dari info yang dihimpun INDOSPORT.com, kabarnya Witan ditebus dari klub Slovakia, AS Trencin. Pasalnya, pemain 21 tahun itu masih punya kontrak hingga 2024.

Kedatangan Witan jadi bukti keseriusan manajemen Persija. Presiden klub, Mohamad Prapanca pada Senin (30/01/23) sudah berikan kode dan mengatakan pihaknya sedang lakukan negoisasi alot dengan pemain incaran.

"Kami masih berusaha untuk mencoba mendatangkan pemain, mudah mudahan jam 1-2 malam (semalam-red) sudah bisa close deal dan mungkin dalam waktu satu-dua hari ini akan dirilis," kata Prapanca pada Senin (30/01/23) di Kantor Persija, Rasuna Office Park, Jakarta.

Persija akan jadi klub profesional kedua di Tanah Air yang dibela Witan Sulaeman. Sebelumnya ia bermain untuk klub Liga 2, PSIM Yogyakarta pada 2019 lalu.

Pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, itu mengawali karir lewat pembinaan ilmu sepak bola di Diklat Ragunan. Kemudian dirinya terpantau oleh pelatih Timnas U-19 saat itu, Indra Sjafri, untuk bergabung ke skuadnya.

Setelahnya, Witan terjun ke sepak bola professional bersama PSIM Yogyakarta di Liga 2. Lalu pada 2020 Witan pindah dari PSIM untuk mencoba peruntungan di Eropa, tepatnya di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica.

Bersama FK Radnik Surdulica, Witan dia bermain sebanyak dua kali dan mengantongi 71 menit bermain. Setahun berselang dirinya bergabung ke klub Polandia, Lechia Gdansk.

Akan tetapi, di Lechia, Witan tidak dapat kesempatan bermain dan justru dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica.