Liga Indonesia

Liga 1: Persis Solo Daftarkan Penyerang 16 Tahun, Diincar Shin Tae-yong?

Rabu, 1 Februari 2023 17:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka Putra Purwanto.

INDOSPORT.COM - Persis Solo mengambil keputusan mengejutkan dengan mendaftarkan Arkhan Kaka Putra Purwanto di skuat Liga 1 Indonesia 2022-2023. Penyerang berusia 16 tahun kini sudah masuk dalam radar Shin Tae-yong.

Nama Arkhan benar-benar melejit saat tampil memperkuat timnas Indonesia U-17 pada kualifikasi Piala Asia 2022. Dia mencetak tujuh gol dari total 13 yang dibuat Indonesia pada fase grup.

Sebelum itu, Kaka juga sudah mencuri perhatian ketika tampil di Piala AFF U-16 2022 di Yogyakarta. Level berbeda yang ditunjukkan membuatnya ditempatkan di tim Persis U-20, saat usianya baru 16 tahun.

Selain ada di tim U-20, Kaka juga rutin dilibatkan dalam latihan tim senior Persis Solo. Kaka diturunkan ketika beruji coba melawan tim-tim Liga 3 atau Liga 2.

Barulah pada jendela transfer tengah musim, Persis memberi hadiah yang mengejutkan bagi Kaka. Namanya masuk dalam daftar pemain Persis Youth yang dipromosikan ke tim senior.

Arkhan Kaka bersama Erlangga Setyo, Dicky Daniel dan Marcell Januar ditarik ke tim senior menyusul Faqih Maulana, Zanadin Fariz, dan Althaf Indie.

Terkait progres Kaka yang membuatnya didaftarkan ke tim senior, asisten pelatih Persis Solo, Rasiman, menyebut ada beberapa hal yang masih perlu dipelajari.

"Progresnya normal, artinya tetap ada banyak hal yang perlu diperbaiki, karena beda ya situasi di youth dan senior, terutama environment dan press of the training," kata Rasiman, Selasa (31/1/23).

Rasiman menilai Kaka bisa beradaptasi dengan lingkungan dan level baru dalam setiap latihan. Namun, masih ada tahapan yang perlu dicapai untuk mendapatkan debut di Liga 1.

"Latihan dengan pemain senior tentu berbeda ketika latihan dengan tim seumurannya. Saya rasa dia mulai adaptasi dengan baik walau saya rasa dia perlu waktu lebih untuk itu," tutur Rasiman.