Liga Indonesia

Bangun Sport Center, Menpora dan Menteri PUPR Akan Berguru ke Jepang

Kamis, 2 Februari 2023 21:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemerintah berencana membangun sport center di Cibubur, Jakarta Timur untuk pelatihan atlet junior elit dan senior yang disiapkan ke Olimpiade. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemerintah berencana membangun sport center di Cibubur, Jakarta Timur untuk pelatihan atlet junior elit dan senior yang disiapkan ke Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Pemerintah berencana membangun sport center di Cibubur, Jakarta Timur untuk pelatihan atlet junior elit dan senior yang disiapkan ke Olimpiade. Karenanya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Menteri PUPR akan berguru ke Jepang.

Pembangunan training camp tersebut sebagai tindak lanjut dari adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Sebab, sasaran utama Indonesia kini adalah Olimpiade.

Dalam DBON, Kemenpora telah menentukan 14 cabang olahraga unggulan. Nantinya cabor tersebut akan dikonsentrasikan pembinaannya di tranning camp di Cibubur.

Ke-14 cabor yang masuk dalam prioritas DBON adalah atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu dan pencak silat.

Sebagai langkah awal, Menpora Zainudin Amali dan Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono akan mengadakan studi banding ke Jepang, tepatnya di Ajinomoto National Training Center (Ajinomoto NTC).

"Ada rencana Pak Menteri Pemuda dan Olahraga serta Pak Menteri PUPR berkunjung ke Ajinomoto NTC Jepang dalam rangka studi banding sports center," kata Sesmenpora, Gunawan Suswantoro.

"Semoga saling kunjung dalam urusan olahraga ini menjadi bagian diplomasi yang saling menguntungkan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Ajinomoto NTC Jepang adalah kompleks olahraga dan pelatihan yang memenuhi standar global.

Nantinya sport center ini akan dilengkapi lapangan atletik, lapangan indoor, lapangan outdoor,  perkampungan atlet, medis, hingga institut sports science.

Di Ajinomoto NTC juga disiapkan pelatih, ahli gizi dan berbagai anggota staf yang mendukung atlet sesuai spesialisasi masing-masing.