Liga Indonesia

Gelar Kursus Pengamanan Stadion, Polri Gandeng Instruktur dari Inggris

Kamis, 2 Februari 2023 15:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Sosialiasi kerjasama antara PSSI dan Polri Copyright: © PSSI
Sosialiasi kerjasama antara PSSI dan Polri

INDOSPORT.COM - Polri sepertinya sangat serius untuk berbenah dalam melakukan pengamanan di pertandingan sepak bola. Bahkan saking seriusnya, Polri mengadakan kursus dan mendatangkan instruktur dari luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, instruktur didatangkan dari Coventry University, Inggris.

Diutarakan Asops Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan kursus berlangsung mulai 25 Januari sampai 3 Februari nanti.

Peserta kursus ini sendiri diikuti dari beberapa pihak. Dari pihak Polri, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

"Dari kementerian atau lembaga dan kompetisi sepak bola sebanyak 10 orang, terdiri dari Kemenpora dua orang, Kemen PUPR dua orang, Kemenkes dua orang, dari PSSI dua orang, dan dari PT Liga Indonesia Baru sebanyak dua orang," kata Agung di Mabes Polri.

Kursus dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas A untuk trainer yang diikuti oleh 32 orang, dan kelas B untuk operator pelaksana yang melibatkan 34 orang. Mereka menerima materi dari lima pengajar Coventry University.

Dalan kursus ini sendiri membahas beberapa hal yang utamanya adalah kelengkapan fasilitas keamanan stadion. Selain itu pula mengajarkan terkait menangani risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi nantinya.