Liga Indonesia

3 Pelatih Lokal Berlisensi AFC Pro yang Lagi Nganggur, Barito Putera Rekrut yang Mana?

Minggu, 5 Februari 2023 11:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Barito Putera
Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera. Copyright: © Barito Putera
Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Ada tiga pelatih lokal berlisensi AFC Pro yang sampai kini belum memiliki klub Liga 1. Apakah Barito Putera tertarik untuk merekrut salah satunya?

Sebagaimana diketahui, Barito Putera baru saja memutuskan kontrak pelatih asal Brasil, Rodney Goncalves, seiring dengan rentetan hasil minor yang didapat Laskar Antasari.

Padahal sebelumnya, di putaran pertama Liga 1 2022, Barito Putera juga memecat pelatih yang mendampingi tim sejak masa pramusim, yakni Dejan Antonic asal Serbia.

Barito kini menjadi juru kunci klasemen sementara Liga 1 2022-23. Andai kompetisi menggunakan sistem promosi-degradasi, Laskar Antasari kini terancam turun kasta.

Dengan ambisi ingin memperbaiki posisi, Barito memerlukan pelatih yang sudah paham dengan kekuatan tim Liga 1.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga pelatih lokal yang kini sedang menganggur, tetapi sudah mengantongi lisensi AFC Pro sebagai syarat untuk melatih tim Liga 1.

1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan bukanlah wajah baru di skuat Barito Putera. Ia menukangi Laskar Antasari di putaran kedua Liga 1 2021-2022.

Hasilnya, Rahmad Darmawan berhasil membawa tim lepas dari jerat degradasi, dan Barito Putera masih eksis di Liga 1.

Perpisahan Rahmad Darmawan dan Barito juga bukan karena ham negatif. RD memang hanya mendampingi Barito selama separuh musim saja, karena ia terikat kontrak lain.

Kala itu, Rahmad Darmawan juga menjabat sebagai pelatih kepala Rans Nusantara FC. Namun kini, mereka sudah berpisah. Kans RD ke Barito pun semakin terbuka lebar.