Liga Indonesia

Liga 1: Buntut Kasus Rasisme Barito Putera vs PSS Sleman, Bayu Pradana dan Todd Ferre Didemo Massa

Minggu, 5 Februari 2023 11:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang Barito Putera, Bayu Pradana (kanan) mengawal pemain PSS Sleman, Brian Ferreira dalam laga di Stadion Maguwoharjo. Saat ini Bayu tersandung kasus rasisme pada Todd Rivaldo Ferre. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Gelandang Barito Putera, Bayu Pradana (kanan) mengawal pemain PSS Sleman, Brian Ferreira dalam laga di Stadion Maguwoharjo. Saat ini Bayu tersandung kasus rasisme pada Todd Rivaldo Ferre.

INDOSPORT.COM - Buntut kasus rasisme yang terjadi di laga Liga 1 Barito Putera vs PSS Sleman, Selasa (31/01/23) merugikan Bayu Pradana dan Todd Rivaldo Ferre.

Kala itu, Barito Putera menjamu PSS Sleman di Stadion Demang Lehman, Martapura, dan mencapai skor akhir 1-2 untuk kemenangan Super Elang Jawa.

Meski menang, sejatinya PSS Sleman bermain dengan sepuluh orang saja, sejak Todd Rivaldo Ferre mendapat kartu merah dan ditarik keluar pada menit ke-79.

Todd Rivaldo Ferre melakukan pelanggaran keras dengan memukul bagian wajah Bayu Pradana.

Lewat media sosial Instagram PSS Sleman, Jumat (3/2/23), Todd Ferre menyampaikan permintaan maaf, sekaligus ia menuturkan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Pesepak bola asal Papua itu mengaku mendapat ucapan rasis dari sang kapten Barito Putera.

"Akan tetapi, kejadian yang saya dapatkan di lapangan, saya mendapatkan perkataan rasis yang membuat saya emosi dan lepas kontrol," ucap Todd Ferre di IG PSS Sleman.

Mendengar pernyataan tersebut, Bayu Pradana tak tinggal diam. Ia juga membuat klarifikasi bahwa tak ada ucapan rasis sama sekali yang mengarah kepada Todd Ferre.

"Dalam pertandingan itu, dalam kejadian itu, saya tidak sedikit pun mengungkap kata rasisme yang tertuju kepada Todd Ferre."

"Dalam kejadian itu pun wasit berdiri tepat di depan saya, di antara saya dengan Todd Ferre," ungkap Bayu Pradana via Instagram.

"Saya pun berani mempertaruhkan karier sepak bola profesional saya, apabila saya terbukti mengucapkan kata rasis yang tertuju pada saudara saya Todd Ferre."