Bola Internasional

10 Manifesto Liga Super Eropa: Klub-klub Bakal Jadi Tajir, Lebih ‘Memanusiakan’ Pemain

Jumat, 10 Februari 2023 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Handout/UEFA via Getty Images
Presiden Real Madrid, Florentino Perez. Copyright: © Handout/UEFA via Getty Images
Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

INDOSPORT.COM – Terdapat 10 manifesto dalam gelaran Liga Super Eropa yang belakangan kembali muncul yang membuat setiap klub panen duit dan pemain lebih sejahtera.

Proyek Liga Super Eropa atau European Super League (ESL) yang sempat mati suri, kini hadir kembali dengan membawa ‘cita rasa’ baru.

‘Cita rasa’ baru di proyek tersebut dikemukakan oleh A22, sebuah perusahaan pengembangan olahraga Eropa yang berbasis di Spanyol.

Dalam sebuah video berdurasi singkat, A22 mengemukakan alasannya menghadirkan kembali proyek Liga Super Eropa.

Proyek ini dihadirkan utamanya untuk mengatasi finansial klub maupun kompetisi di Eropa, yang belakangan dikuasai Liga Inggris (Premier League).

Tak hanya menyerang kekuatan finansial Liga Inggris, A22 menghadirkan proyek Liga Super Eropa dengan format baru ini untuk ‘menyerang’ UEFA.

Di balik ‘serangan’ yang diberikan kepada Liga Inggris dan UEFA ini, A22 juga mengemukakan alasannya mengapa proyek Liga Super Eropa harus dilaksanakan.

Alasan utama A22, seperti yang dilansir dari laman resminya, adalah kompetisi sepak bola Eropa saat ini tak cukup atraktif dan belum mencapai potensi sebenarnya.

Sehingga, Liga Super Eropa ini diharapkan bisa membuat sepak bola lebih mendunia dan tetap menjadi olahraga yang akan dimainkan di setiap generasi hingga masa-masa mendatang.

Dalam peluncuran proyek baru Liga Super Eropa ini, A22 secara tersirat memiliki 10 manifesto untuk menarik atensi para pihak di sepak bola untuk bergabung dengan ajang ini. Apa saja itu?