Liga Indonesia

Lisensi Aman, Arema FC Pastikan Posisi I Putu Gede Sebagai Pelatih Kepala Liga 1

Sabtu, 11 Februari 2023 11:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Arema FC resmi mengangkat Wiebie Dwi Andriyas sebagai manajer tim gantikan M. Ali Rifki. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Arema FC resmi mengangkat Wiebie Dwi Andriyas sebagai manajer tim gantikan M. Ali Rifki. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC segera menjawab berbagai spekulasi perihal layak tidaknya lisensi kepelatihan I Putu Gede yang didapuk menjadi head coach alias pelatih kepala untuk Liga 1.

Sebagaimana diketahui, I Putu Gede ditunjuk memimpin tim mulai Selasa (07/02/23) dan sudah debut ketika Arema FC mengalahkan Rana Nusantara FC.

Eks Pelatih PSMS Medan di Liga 2 itu melanjutkan tugas Javier Roca yang telah didepak pada Senin (06/02/23) akibat tren buruk di Liga 1.

Pertanyaan besar lantas muncul, lantaran I Putu Gede hanya mengantongi lisensi kepelatihan AFC A untuk membesut Arema FC.

Padahal, Regulasi Liga 1 Pasal 33 menyebutkan, bahwa pelatih kepala wajib memegang lisensi kepelatihan AFC Pro, UEFA Pro dan lisensi yang setara lainnya.

Gonjang ganjing ini lantas dijawab oleh manajemen klub berlogo kepala singa. Arema FC menegaskan, bahwa lisensi I Putu Gede sudah aman.

"Sebelum menunjuk beliau, kami sudah melakukan konsulitasi soal itu (lisensi kepelatihan)," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

"Dan bisa kami pastikan, lisensi Coach Putu Gede sudah aman. Beliau menjadi head coach (pelatih kepala)," sambung dia.

Pihaknya juga segera membuktikan kevalidan kapasitas I Putu Gede melalui berkas yang dikirimkan ke Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi.

"Segala dokumen sudah kami urus, sudah on the track. Termasuk dokumen dari AFC (federasi sepak bola Asia)," tandas Wiebie.