Liga Inggris

5 Pemain Liga Inggris Berdarah Jamaika yang Masih Eksis, Dua di Klub Papan Atas

Kamis, 16 Februari 2023 21:38 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Reuters/Molly Darlington
Pemain Chelsea Raheem Sterling saat Laga antara Everton vs Chelsea. Foto: Reuters/Molly Darlington Copyright: © Reuters/Molly Darlington
Pemain Chelsea Raheem Sterling saat Laga antara Everton vs Chelsea. Foto: Reuters/Molly Darlington

INDOSPORT.COM - Jamaika memang bukan negara yang identik dengan sepak bola. Namun para pemain berdarah Jamaika ternyata cukup eksis di Liga Inggris, bahkan dua di klub papan atas.

Beberapa waktu lalu, Jamaika memang cukup gencar untuk menyaring semua para pemain di seluruh dunia yang punya garis keturunan negara mereka. 

Hal ini dikarenakan Federasi Sepak Bola Jamaika hanya ingin menaturalisasi para pemain yang benar-benar memiliki darah Jamaika. 

Yang ternyata menurut hasil pencarian tersebut, sebagian besar para pemain sepak bola profesional berdarah Jamaika, kini meniti karir di Inggris. 

Bukan hanya sekadar membela klub-klub medioker atau papan bawah, tapi menurut penemuan INDOSPORT, beberapa ada yang membela tim besar Liga Inggris. 

Presiden Federasi Sepak Bola Jamaika Michael Ricketts pada 2021 lalu memang mengakui bahwa cukup banyak pemain berdarah Jamaika di tanah Britania Raya. 

“Ada Andre Gray, Mason Holgate, Nathan Redmond, Ivan Toney, semuanya sedang dalam proses mendapat paspor Jamaika,” tutur Michael Ricketts. 

Nama-nama di atas sebagian bermain untuk tim Inggris. Namun nama yang cukup dikenal sekarang, yakni Ivan Toney mengaku menolak berganti kewarganegaraan ke Jamaika. 

Gareth Southgate selaku pelatih kepala Timnas Inggris memang sudah memberi harapan kepada Toney untuk peluangnya bela The Three Lions. 

Lantas, siapa sajakah 5 pemain yang sudah dirangkum INDOSPORT punya darah Jamaika namun mampu eksis di Liga Inggris sampai sekarang?