Piala Dunia 2022

Demi Bermain di Piala Dunia, 5 Pesepakbola Afrika Rela Pindah Kewarganegaraan

Jumat, 11 November 2022 20:48 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Mohamed Abd El Ghany
Pemain Chelsea, Hakim Ziyech saat laga Piala Afrika 2019 antara Maroko vs Benin Copyright: © Reuters/Mohamed Abd El Ghany
Pemain Chelsea, Hakim Ziyech saat laga Piala Afrika 2019 antara Maroko vs Benin

INDOSPORTS.COM - Beberapa pemain top yang berlaga di kompetisi liga Eropa ada yang rela pindah kewarganegaraan dengan berbagai alasan, salah satunya adalah demi bermain di Piala Dunia.

Hal itu dipengaruhi oleh perubahan peraturan FIFA dalam kongres ke-70 pada September 2020 yang mengizinkan pemain untuk mengubah kewarganegaraan mereka.

Aturan tersebut bisa dipakai asal sang pemain hanya berpartisipasi dalam tiga pertandingan tingkat senior yang kompetitif sebelum berusia 21 tahun dan melakukan debut di final Piala Dunia FIFA maupun final kontinental.

Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar nanti akan terlibat beberapa contoh pemain yang pindah kewarganegaraan demi bermain di turnamen terbesar sepak bola ini.

  • Inaki Williams

Inaki Williams merupakan pemain Athletic Bilbao yang lahir di Bilbao. sementara itu, orang tua pemain yang berposisi penyerang tersebut berasal dari Biscay, Ghana.

Williams menghabiskan sebagian besar masa kecilnya dengan tinggal di Pamplona. Setelah itu, ia kemudian bergabung dengan akademi Athletic Bolbao pada 2012.

Ia memulai debut sepabagi pemain sepak bola di tim senior Bilbao pada musim 2014. Mulai saat itu, Inaki Williams dipercaya menjadi pemain reguler.

Hebatnya, sejak awal musim Liga Spanyol (Laliga) 2016/2017, ia selalu hadir si setiap pertandingan yang dimainkan Bilbao. Bahkan ia bermain sebanyak 241 pertandingan tanpa absen alias berturut-turut.

Penyerang Bilbao itu melakukan debutnya di timnas senior Spanyol pada tahun 2016. Saat itu La Ruria Roja bertemu Bosnia dan Harzegovina di pertandingan internasional.

Namun, pada 5 Juli 2022, Inaki Williams mengumumkan pernyataan yang mengejutkan. Ia merasa siap bermain di Piala Dunia tidak bersama Spanyol, melainkan timnas Ghana.