Liga Indonesia

Sukses Curi Poin di Markas PSIS, Sutanto Tan Puji Kerja Kapten Persis Solo

Sabtu, 18 Februari 2023 06:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Pergerakan gelandang Persis Solo, Sutanto Tan dalam pertandingan Liga 1 Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Pergerakan gelandang Persis Solo, Sutanto Tan dalam pertandingan Liga 1 Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, tak mau dipuji sendirian dalam kesuksesan mencuri poin di markas PSIS Semarang, pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Ada kontribusi besar kapten Persis Solo, Rian Miziar, yang layak diapresiasi.

Sutanto Tan mendapat tugas khusus dalam laga di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (17/2/23). Sutanto Tan dipasang sebagai bek tengah bersama Rian Miziar.

Duet dadakan ini jadi pilihan Persis Solo setelah Jaimerson Xavier absen karena akumulasi kartu kuning, serta Andri Ibo, Fabiano Beltrame dan Muhammad Kanu Helmiawan cedera.

Ternyata, tugas ini sukses dijalankan Sutanto Tan, meski satu aksinya menjaga Hari Nur Yulianto diklaim wasit sebagai pelanggaran yang berbuah penalti.

Eks PSM Makassar ini tak sekadar kuat dalam menghalau setiap serangan PSIS, namun juga membantu proses build up serangan Persis Solo.

Terkait hal itu, Sutanto Tan mengaku hanya menjalankan tugas yang diberikan tim pelatih. Ternyata, Sutanto Tan sudah pernah bermain dalam posisi ini.

"Sebelum ini saya sudah pernah jadi center back. Pelatih berikan kepercayaan kepada saya dan saya menjalankannya. Ya, ini tergantung pelatih. Kalau dia bilang bagus ya bagus," kata Sutanto Tan dalam jumpa pers usai pertandingan.

Performa bagus ini membuat Sutanto Tan bisa menjadi pilihan reguler di pos bek tengah. Begitu pula dengan Rian Miziar yang sudah main sembilan kali di Liga 1 2022/2023.

Sutanto Tan mengaku senang bisa berduet dengan Rian Miziar. Pria yang menjabat sebagai kapten tim Persis Solo ini membantunya bekerja sebagai seorang bek tengah.

"Saya berduet dengan pemain yang bagus seperti Rian Miziar. Saya tidak mengalami kesulitan yang signifikan karena dia pemain yang bagus. Dia support saya banyak," tutur Sutanto Tan.

Terkait hasil imbang 1-1 kontra PSIS, Sutanto Tan mengaku senang. Gol pada penghujung laga lewat sepakan keras Irfan Jauhari menjadi penyama kedudukan setelah Septian David Maulana membawa PSIS unggul terlebih dahulu lewat titik putih.

"Soal hasil imbang ini, kita dapat hasil yang bagus untuk (satu) poin, tapi kita tidak puas dengan hasil ini. Kita tentunya bisa lebih baik," ucap Sutanto Tan.