Liga Indonesia

Liga 1: Momen Teja Paku Alam 'Ngelawak' Berujung Kartu Merah, Netizen: Nick Pope-nya Persib

Selasa, 28 Februari 2023 12:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Luis Milla bersama penjaga gawang Teja Paku Alam. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Luis Milla bersama penjaga gawang Teja Paku Alam.

INDOSPORT.COM – Kiper Persib Bandung, Teja Paku Alam, menjadi sorotan gara-gara blunder berujung kartu merah saat melawan Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023.  

Pasalnya, Teja Paku Alam melakukan blunder yang berakhir kekalahan Maung Bandung dengan skor 1-2 di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (27/2/23).

Teja Paku Alam menerima kartu merah di pertandingan tersebut. Hal ini dikarenakan aksi nekatnya meninggalkan gawang saat berusaha mengantisipasi bola.

Saat itu, pertandingan memasuki menit ke-44 dan Barito Putera sedang melakukan serangan baik cepat. Teja keluar dari sarangnya dan berupaya menghalau bola lambung.

Sang kiper niatnya ingin menanduk bola tetapi gerakannya malah membuat tangannya meninju bola.

Aksi kiper bernomor punggung 14 ini sebenarnya sudah sangat baik, sebab jika bola berhasil lolos, Gustavo Henrique sudah menanti jatuhnya bola.

Namun tetap saja Teka Paku Alam dinyatakan melakukan handsball. Sebab menurut regulasi, seorang kiper ketika sudah berada di luar kotak harus memainkan bola dengan kaki.

Alhasil, wasit tanpa pikir panjang langsung mengeluarkan kartu merah dari sakunya, yang berarti Teja Paku Alam harus meninggalkan lapangan saat itu juga.

Akibat ulahnya itu, Persib Bandung terpaksa harus bermain dengan 10 orang di babak kedua. Sialnya lagi, mereka kena comeback setelah Barito Putera mencetak dua gol untuk memastikan kemenangan.

Hasil ini membuat Persib gagal memperkecil jarak poin dari PSM Makassar yang menghuni puncak klasemen Liga 1. Mereka kini mengantongi 52 poin, sedangkan PSM 56 poin.