Bola Internasional

Aneh Bin Ajaib! Wasit Timnas Indonesia U-20 vs Irak Diganti usai Layangkan Kartu Merah

Kamis, 2 Maret 2023 08:59 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Kejadian langka terjadi di ajang Piala Asia U-20 2023, di mana wasit pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Irak harus diganti di jeda babak pertama.

Timnas Indonesia U-20 harus mengakui keunggulan Irak dengan kekalahan 0-2 di laga perdana Piala Asia U-20 di Tashkent, Rabu (01/03/23).

Skuad Garuda Muda menghasilkan banyak peluang di babak pertama, tetapi tidak satu pun berujung gol. Sebaliknya, satu peluang Irak bisa berbuah gol, tepat di menit ke-28.

Hayder Abdulkareem sukses melepaskan tembakan kaki kiri yang mengantar bola masuk ke gawang Garuda, tanpa bisa dibendung oleh kiper Daffa Fasya Sumawijaya.

Kemudian, di pengujung babak pertama, Irak harus bermain dengan sepuluh orang saja, setelah Charbel Shamoon diganjar kartu merah oleh wasit Gulmorodi Sadulo.

Charbel Shamoon dianggap melakukan pelanggaran keras pada pemain Timnas Indonesia U-20, Arkhan Fikri, sehingga ia langsung diganjar kartu merah oleh wasit.

Tak hanya Timnas Indonesia U-20 yang merombak pemain untuk menambah geliat serangan di babak kedua, tetapi wasit yang memimpin laga juga mengalami perubahan.

Wasit Gulmorodi Sadulo digantikan oleh wasit lainnya, Abdullah Jamali. Laga pun kembali berlanjut dengan intensitas tinggi.

Di menit ke-73, Irak mendapat penalti usai Frengky Missa melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Abdulrazzaq Qasim yang jadi eksekutor penalti gagal mencetak gol.

Di pengujung waktu, justru Irak yang sukses menambah keunggulan menjadi 2-0. Aksi individu Abdulqadir Ayoub diselesaikan dengan baik oleh Mohammed Jameel.