Bola Internasional

Shin Tae-yong Sudah Putar Otak Ciptakan Timnas U-20 Tampil Maksimal di Tengah Keterbatasan

Rabu, 8 Maret 2023 13:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengaku sudah memutar otak demi menciptakan skuat yang ideal di tengah keterbatasan pemain di Piala Asia U-20. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengaku sudah memutar otak demi menciptakan skuat yang ideal di tengah keterbatasan pemain di Piala Asia U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengaku sudah memutar otak demi menciptakan skuat yang ideal di tengah keterbatasan pemain yang tampil di Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 memang harus menerima kenyataan gagal lolos dari fase penyisihan grup A Piala Asia U-20 2023. Langkah skuat Garuda Muda terhenti usai hanya finis di peringkat tiga klasemen grup A.

Timnas Indonesia U-20 hanya mampu bermain imbang 0-0 menghadapi tuan rumah Uzbekistan di laga pemungkas grup A Piala Asia U-20 2023, Selasa (07/03/23) malam.

Dengan bermain imbang, Timnas Indonesia U-20 hanya finis di peringkat tiga klasemen akhir grup A dengan raihan poin 4 setara dengan Irak tetapi Tomnas Indonesia U-20 kalah head to head.

Usai gagal melenggang lebih jauh, Shin Tae-yong memang sejak lama meminta fans Timnas Indonesia U-20 tidak menaruh ekpetasi besar. Sebab memang kondisi Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Asia U-20 2023 tidak dalam kekuatan penuh.

Beberapa pemain memang tidak bisa bermain karena tidak dilepas oleh klubnya. Salah satunya adalah Marselino Ferdinan yang tidak dilepas oleh klub KMSK Deinze yang berlaga di kasta kedua Liga Belgia.

"Ya memang kami tidak bisa membawa para pemain terbaik kami di ajang ini karena ada beberapa pemain yang tidak bisa membela tim, ya kadang sepak bola memang seperti itu," kata Shin Tae-yong dilansir dari keterangan PSSI, Rabu (08/03/23).

Di bawah keterbatasan pemain, Shin Tae-yong memang memutar otak menciptakan skuat yang kuat. Namun apa daya Timnas Indonesia U-20 tidak bisa melangkah lebih jauh.

"Secara taktik, saya coba meramu tim dengan skuad yang ada secepat mungkin, terlepas dari segala masalah yang ada," jelas mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.