Liga Indonesia

Tak Masuk Kriteria, Sutan Zico dan Rendy Juliansyah Dicoret dari TC Timnas Indonesia U-22

Kamis, 9 Maret 2023 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-22 telah menyelesaikan pemusatan latihan tahap pertama untuk persiapan SEA Games 2023. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-22 telah menyelesaikan pemusatan latihan tahap pertama untuk persiapan SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 telah menyelesaikan pemusatan latihan tahap pertama untuk persiapan SEA Games 2023. Dari 34 pemain yang dipanggil, 17 nama dipulangkan pelatih Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengatakan, para pemain yang dicoret itu tidak lolos kriteria yang dibutuhkan. Tim pelatih melakukan evaluasi dan penilaian setelah tiga internal game dan berdasarkan hasil tes fisik, psikologi, dan kecerdasan.

"Kami kembalikan ke klub pemain yang tidak terpilih, atau yang tidak lanjut. Terus, yang kita anggap kualitasnya masuk, kita lanjut TC sampai tanggal 16 Maret," bukanya.

"Kami nilai mereka dari tiga kali uji coba, test fisik, psikologi, test IQ, dan lainnya, serta perkembangan progres mereka selama pemusatan latihan,” ujar Indra.

Dari pemain yang dipulangkan, ada nama beken yang sebelumnya merupakan langganan Timnas U-16 maupun U-19 yakni Sutan Zico dan Rendy Juliansyah. Keduanya tidak masuk list pemain yang bertahan dari TC tahap pertama.

“Jadi, dari 34 pemain dikurangi 17 pemain dan 17 pemain yang masih bertahan," ujar Indra Sjafri.

Adapun kriteria pemain idaman Indra Sjafri untuk dibawa ke SEA Games 2023 adalah bisa bermain di dua posisi. Itu untuk menyiasati keterbatasan pemain dan jadwal padat di kejuaraan multi event tersebut.

Untuk tampil di SEA Games 2023, Timnas U-20 hanya membawa 20 pemain, tanpa pemain senior. Itu merupakan regulasi yang ditetapkan.

Karena minim pemain, Indra Sjafri lantas mencari pemain yang bisa bermain lebih dari satu posisi. Dia mencoba memainkan beberapa pemain bukan di posisi aslinya saat internal game Timnas U-22, Selasa (07/03/23) di Lapangan B Senayan, Jakarta.

Secara umum, pelatih 60 tahun itu menjelaskan, pemain incaran untuk SEA Games 2023 adalah dari skuad Timnas U-20 yang sebelumnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang kemudian batal beraksi karena pandemi Covid-19.