Liga Indonesia

Barito Putera Taklukan Dewa United, RD Beri Pujian untuk 2 Sosok yang Jadi 'Pahlawan'

Selasa, 14 Maret 2023 22:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MO Dewa United
Pertandingan Liga 1 antara Dewa United vs Barito Putera di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Selasa (14/03/23). (Foto: MO Dewa United) Copyright: © MO Dewa United
Pertandingan Liga 1 antara Dewa United vs Barito Putera di Stadion Indomilk Arena (Tangerang), Selasa (14/03/23). (Foto: MO Dewa United)

INDOSPORT.COM - Barito Putera berhasil meraih tiga poin di pekan ke-30 Liga 1 2022/23, setelah kalahkan Dewa United dengan skor 2-1 pada Selasa (14/03/23) sore di Indomilk Arena, Tangerang. Hasil itu membuat pelatih Rahmad Darmawan sumringah.

Barito Putera unggul lebih dahulu pada menit ke-14 lewat gol Eksel Timothy. Tapi, skor kemudian jadi 1-1 pada menit ke-30 akibat gol bunuh diri bek Laskar Antasari, Aditya Putra Dewa.

Di babak kedua, Rahmad Darmawan lakukan penyegaran dengan masukan Gustavo Henrique, Rafi Syarahil, Dendi Maulana, Dedi Hartono dan Selamet Budiono.

Pergantian itu berbuah manis karena Barito Putera akhirnya mencetak gol kedua lewat aksi Gustavo Henrique ('75).

Usai pertandingan, Rahmad Darmawan mengucapkan syukur dan memuji kerja keras anak asuhnya. Dia menilai Bayu Pradana dan kolega bermain tenang sehingga itu jadi kunci kemenangan sore tadi. 

"Alhamdulillah kami bersyukur dapatkan kemenangan dan tiga poin penting di kandang lawan. Secara keseluruhan anak -anak bermain lebih tenang di banding laga away sebelumnya, mereka bisa disiplin merespon lawan dengan tidak keluar saat lawan serangan balik," katanya.

"Babak kedua kami lebih berani keluar dan lawan berikan respon positif. Hari ini laga berjalan baik dan anak-anak bisa ciptakan banyak peluang dan mengkonversinya jadi gol," imbuh RD.

Menurut RD, ada satu pemain yang memberikan perbedaan besar di babak kedua bagi Barito Putera yakni Gustavo Henrique. Padahal striker Brasil itu baru pulang menemani sang istri yang sedang sakit.

Awalnya, RD berencana memainkan dua striker lawan Dewa United. Tapi, startegi itu diubah dan mengandalkan Eksel Timothy terlebih dahulu di babak pertama.

"Gustavo hari ini memang kami simpan untuk babak kedua, karena dua laga terakhir dia tidak ikut latihan karena menemani istinya yang sakit dan operasi besar, jadi dia baru datang kemarin dan kita ambil sikap untuk istirahatkan dulu. Dia masuk di momen yang tepat dan menjawabnya dengan satu gol penting," tutur RD.