Liga Indonesia

Persib Bersama Bobotoh dan Pegiat Sejarah Gelar Diskusi 'Menggali Sejarah Kelahiran Persib'

Jumat, 17 Maret 2023 17:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung menggelar diskusi dengan tema 'Menggali Sejarah Kelahiran Persib' bersama Bobotoh dan pegiat sejarah di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/03/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung menggelar diskusi dengan tema 'Menggali Sejarah Kelahiran Persib' bersama Bobotoh dan pegiat sejarah di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/03/23).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung menggelar diskusi bersama Bobotoh dan pegiat sejarah dengan tema 'Menggali Sejarah Kelahiran Persib' di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/03/23). 

Program Sampurasun tersebut, digelar untuk menjawab keresahan terkait adanya perbedaan informasi tanggal hari jadi Persib. Selama ini, Persib selalu memperingati hari lahirnya setiap 14 Maret dengan tahun kelahiran 1933.

Namun, ada juga temuan yang menyebutkan jika Persib berdiri tanggal 18 Maret 1934. Untuk menjawab hal tersebut, Persib menggelar diskusi dengan tema 'Menggali Sejarah Kelahiran Persib'.

Pada kegiatan diskusi tersebut, hadir sebagai pembicara dari berbagai praktisi, yakni Endan Suhendara (jurnalis Persib), Atep Kurnia (penulis), dan Hawe Setiawan (Akademisi Universitas Pasundan).

Selain itu, perwakilan dari berbagai kelompok Bobotoh juga hadir, diantaranya dari Viking Persib Club (VPC), Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) dan yang lainnya.

Menurut Endan Suhendara, banyak kemungkinan terkait tanggal lahirnya Persib, bahkan tidak menutup kemungkinan tim kebanggaan Bobotoh lahir lebih dulu dari PSSI yang hadir pada tahun 1930.

"Logikanya jika Persib pendiri PSSI, maka usianya harus lebih tua. Lahirnya harus sebelum 1930 (tahun lahirnya PSSI)," kata jurnalis senior ini dalam diskusi di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/03/23).

Sama seperti Endan Suhendara, Atep Kurnia juga menilai ada banyak kemungkinan terkait tanggal dan tahun lahirnya Persib Bandung. Lantaran, beberapa pendiri PSSI pun tanggal lahirnya mengacu pada bibit nama tim saat itu.

Seperti Persija Jakarta (Voetballbond Indonesia Jacatra atau VIJ) pada tahun 1928, atau Persebaya Surabaya (Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond atau SIVB) di tahun 1927.

Atep mengatakan data yang menyebutkan tanggal 18 Maret 1934 bisa menjadi satu temuan dan referensi, termasuk adanya data kelahiran Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada awal Desember tahun 1928 bisa jadi acuan lahirnya Persib.