In-depth

Profil Seiya Da Costa Lay, Wonderkid Keturunan Jepang yang Siap Bela Timnas Indonesia U-22

Sabtu, 18 Maret 2023 23:59 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDODPORT
Bek asal Jepang, Seiya Da Costa Lay Copyright: © Ian Setiawan/INDODPORT
Bek asal Jepang, Seiya Da Costa Lay

INDOSPORT.COM - Jelang SEA Games 2023, pelatih Timnas Indonesia U-22 yaitu Indra Sjafri memutuskan untuk memanggil wonderkid keturunan Jepang bernama Seiya Da Costa Lay.

Sebelumnya, nama Seiya Da Costa Lay tidak terdaftar dalam 34 pemain Timnas Indonesia U-22 untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) tahan pertama.

Akan tetapi, setelah Indra Sjafri mencoret 17 pemain, munculah nama Seiya Da Costa Lay. Ia dipanggil bersama 16 pemain baru lainnya, untuk mengikuti TC tahan kedua.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mendapatkan perhatian sejumlah pecinta sepak bola Tanah Air karena memiliki darah Indonesia-Jepang.

Seiya Da Costa Lay lahir di Hiroshima, Jepang pada 30 September 2001 silam. Ayahnya bernama Jefry Da Costa merupakan warga negara Indonesia asli yang lahir di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemudian sang ibu bernama Sisilia merupakan wanita keturunan asli Jepang yang telah pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal ini membuat Seiya Da Costa Lay juga ikut menjadi WNI, dan tidak perlu proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Pemain berusia 21 tahun tersebut kini tercatat sebagai pemain klub raksasa Liga 1 2022-2023 yakni Arema FC. Ia tergabung sejak 2019 lalu, namun tidak langsung memperkuat tim senior.

Untuk mengenal lebih lanjut soal sosok calon gelandang Timnas Indonesia U-22 yakni Seiya Da Costa Lay, kalian bisa klik slide kedua berita ini.