Liga Indonesia

Plt Menpora Muhadjir Effendy Bicara Persiapan Piala Dunia U-20 hingga PON 2024

Senin, 20 Maret 2023 00:12 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Prosesi serah terima jabatan dari Zainudin Amali ke Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora di Kantor Kemenpora, Kamis (16/3/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Prosesi serah terima jabatan dari Zainudin Amali ke Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora di Kantor Kemenpora, Kamis (16/3/23).

INDOSPORT.COM - Banyaknya event olahraga internasional dan nasional yang sebentar lagi akan digelar di Indonesia mendapat perhatian langsung dari Plt Menpora, Muhadjir Effendy. 

Usai sholat Jumat di Masjid Muwwahidin Kemenpora, Plt Menpora yang baru saja melakukan sertijab ini langsung bertemu media sekaligus makan siang bareng di Media Center, Jumat (17/3/23) siang. 

Didampingi Sesmenpora Gunawan Suswantoro dan Kepala Biro Humas dan Umum Triyono, Muhadjir Effendy yang mengenakan baju batik dan kopiah hitam langsung menyapa para rekan media sambil mengajak makan siang bersama. 

"Assalamualaikum, bagaimana kabarnya kalian semua? Ayo kita makan siang bersama," cetus Muhadjir Effendy kepada awak media di Gedung Kemenpora. 

Usai menikmati makan siang, Muhadjir Effendy langsung melakukan tanya jawab dengan media terkait perkembangan olahraga di Indonesia, salah satunnya terkait persiapan Piala Dunia U-20 2023

Menurutnya sepak bola adalah olahraga rakyat yang paling universal dan itu ditangani langsung oleh FIFA. Sifatnya harus netral, tak boleh ada diskriminasi atau pengecualian.

"Saya mengatakan bahwa olahraga itu, apalagi sepak bola adalah olahraga rakyat paling universal. Sehingga harus ada pembicaraan lebih moderat termasuk mengenai salah satu peserta yang ada di Piala Dunia U-20 nanti. Saya yakin FIFA juga memahami posisi di Indonesia," ujarnya. 

Untuk menyukseskan hajatan Piala Dunia U-20 nanti, Muhadjir mengatakan perlu ada sosialisasi kepada masyarakat agar penyelenggaraannya bisa berjalan dengan baik. 

"Saya kira kita semua perlu sosialisasi kepada masyarakat agar kita bisa menjadi tuan rumah yang baik di Piala Dunia U-20 nanti, dan penting juga disampaikan oleh rekan-rekan media," tambahnya. 

Selain Piala Dunia U-20, Plt Menpora Muhadjir Effendy juga menyampaikan bahwa, persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

"Untuk agenda olahraga nasional, kami sudah menyiapkan PON 2024 yang akan dilaksanakan di provinsi Aceh dan Sumatra Utara," pungkasnya.