Bola Internasional

PSSI Sebut Timnas U-20 Tampil Bagus di Piala Asia U-20, Shin Tae-yong: Ada Harapan Besar

Senin, 20 Maret 2023 22:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Acara Satu Hati untuk Garuda yang dihadiri pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Dirtek PSSI Indra Sjafri dan pemain Hokky Caraka di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (20/03/23).Acara ini sebagai bentuk dukungan untuk Timnas Indonesia U-20 yang aka Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Acara Satu Hati untuk Garuda yang dihadiri pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Dirtek PSSI Indra Sjafri dan pemain Hokky Caraka di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (20/03/23).Acara ini sebagai bentuk dukungan untuk Timnas Indonesia U-20 yang aka

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menyatakan puas dengan performa Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. Meski gagal lolos babak penyisihan grup, Garuda Nusantara disebut mengimbangi tim juara, Uzbekistan.

Pada Piala Asia U-20 2023, Timnas U-20 berada di Grup A. Tim asuhan Shin Tae-yong mencatatkan sekali menang.(1-0 atas Suriah) sekali imbang (0-0 lawan Uzbekistan) dan kalah 0-2 dari Irak.

Kendati tak bisa ulang catatan di Piala Asia U-19 2018 lalu yakni lolos ke babak 16 besar, PSSI memberikan acungan jempol untuk Hokky Caraka dan kolega.

Menurut Indra Sjafri, jika saja Timnas U-20 menang atas Irak di laga pertama Grup A Piala Asia U-20 2023, bisa saja Indonesia melangkah lebih jauh.

"Orang bisa melihat dari berbagai sudut, kalau saya sepakat hasil di Piala Asia, saya puas. Kalau ada empat peluang waktu itu, lawan Irak bisa menang satu atau 2-0, kita mungkin lolos ke final," kata Indra Sjafri.

Direktur teknik PSSI itu berharap performa Timnas U-20 terus menanjak hingga tampil di Piala Dunia U-20 2023. Apalagi Indonesia akan jadi tuan rumah kejuaraan dua tahunan tersebut.

"Karena saya melihat tim ini berproses dari bulan ke bulan dan saya berharap tim ini akan mencapai peak-nya di Piala Dunia," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong juga puas dengan penampilan timnya di Piala Asia U-20 2023. Dia melihat ada harapan besar karena Indonesia bisa imbangi Uzbekistan yang akhirnya keluar sebagai juara tahun ini.

Padahal, Indonesia tidak tampil full team di Piala Asia U-20 2023. Itu membuat juru taktik asal Korea Selatan itu optimis skuad Garuda Nusantara bisa tampil lebih bagus lagi di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei - 11 Juni mendatang. 

"Memang sudah ada hasil di Piala Asia kita gak lolos atau gugur di babak grup dengan hasil sekali menang, sekali seri dan sekali kalah," tutur Shin Tae-yong.