Bola Internasional

Tolak Israel, Indonesia Terancam Dihukum FIFA dan Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

Rabu, 22 Maret 2023 12:50 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Gelora Bung Karno. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Israel yang ikut serta dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia, mendapat penolakan dari banyak pihak. Hal ini menjadi masalah serius saat FIFA punya aturan.

Israel telah memastikan diri untuk mengikuti Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia pada Mei-Juni 2023. Namun, kehadiran mereka masih menjadi kontroversi.

Publik sepak bola Indonesia menyampaikan, jika Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menolak Israel, FIFA akan menjatuhkan sanksi serius.

Ketentuan tersebut termaktub dalam "Laws of  The Game 2021-22" yang dirilis oleh IFAB. Pasal 4 Ayat 5 menyebutkan, aturan soal atribut politik yang tidak boleh masuk dalam pertandingan FIFA.

"Atribut dilarang memiliki slogan, pernyataan atau gambar politik, agama atau pribadi. Pemain juga dilarang menampilkan kaos dalam yang menunjukkan politik, agama, slogan pribadi, pernyataan atau iklan logo pabrikan," tulis FIFA.

"Pelanggaran apa pum pemain dan/atau tim akan diberi hukuman oleh penyelenggara kompetisi, asosiasi sepak bola nasional atau FIFA."

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan, Indonesia bisa saja dihukum FIFA jika nekat menolak kehadiran  Israel. Sehingga, dia melarang untuk mencampuradukkan urusan politik dengan olahraga.

"(Pro dan kontra) itu terkait urusan diplomatik ada di Kementerian Luar Negeri, saya yakin di sana sudah mendiskusikan itu. Intinya pemerintah fokus event ini tanpa ada kekurangan apapun sesuai arahan FIFA," kata Zainudin Amali, dikutip dari ANTARA.

Pria asal Gorontalo itu lebih memilih fokus terhadap kesiapan dan meminta dukungan dari seluruh pihak agar Piala Dunia U-20 berjalan sukses.