Liga Inggris

Arsene Wenger dan Eks Pelatih Manchester United Masuk Hall of Fame Liga Inggris

Rabu, 29 Maret 2023 22:44 WIB
Editor: Juni Adi
© Simon Hofmann/Getty Images for Laureus
Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal. Copyright: © Simon Hofmann/Getty Images for Laureus
Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal.

INDOSPORT.COM - Dua pelatih legendaris paling lama menangani klub di Liga Inggris yakni Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson terpilih masuk hall of fame Premier League.

Otoritas Liga Inggris baru-baru ini kembali mencari sosok legendaris yang layak masuk hall of fame Premier League. Setelah pemain, mereka kini menyasar pelatih.

Dua nama yang terpilih adalah Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson. Keduanya tidak asing di telingan para pecinta sepak bola Liga Inggris, karena mereka cukup lama menangani masing-masing klub.

Arsene Wenger menangani Arsenal selama 22 tahun. Ia menjadi pelatih The Gunners sejak tahun 1996 hingga 2018. Total ia banyak memberikan prestasi bergengsi.

Di antaranya tiga gelar Liga Inggris, di mana salah satunya didapat tanpa terkalahkan dalam satu musim. Arsenal pun jadi satu-satunya klub yang mampu menjuarai Liga Inggris dengan status invincible pada musim 2003/04.

Sedangkan Sir Alex Ferguson lebih lama lagi menangani Manchester United sejak tahun 1986 hingga 2013 atau 27 tahun lamanya di Old Trafford.

Total 20 gelar Liga Inggris telah dipersembahkan oleh Sir Alex Ferguson untuk Manchester United, dan menjadikan Setan Merah raja Premier League dengan raihan trofi terbanyak disusul oleh Liverpool dengan 19 gelar.

Di Liga Inggris, keduanya merupakan rival jangka panjang di atas lapangan selama karier manajerial mereka. 

"Sebuah kehormatan ketika Anda menerima pengakuan seperti ini," kata Ferguson dalam sebuah siaran pers.

"Namun, ini bukan hanya tentang saya sebagai pribadi. Ini tentang pekerjaan di Manchester United dan ikatan yang kami miliki selama bertahun-tahun, jadi saya juga bangga untuk klub, staf dan para pemain saya."