Bola Internasional

Dua Kali Lawan Burundi, Shin Tae-yong Nilai Timnas Indonesia Kini Level Asia

Rabu, 29 Maret 2023 15:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bangga dengan perkembangan anak-anak asuhnya pasca dua uji coba melawan Burundi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bangga dengan perkembangan anak-anak asuhnya pasca dua uji coba melawan Burundi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bangga dengan perkembangan anak-anak asuhnya pasca dua uji coba melawan Burundi.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan tersebut, Tim Garuda saat ini sudah berada di level Asia bukan lagi di ASEAN atau Asia Tenggara.

Timnas Indonesia memang hanya bermain imbang 2-2 di laga kedua FIFA Matchday melawan Burundi, Selasa (28/03/23) malam di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi.

Namun meski bermain imbang, Shin Tae-yong melihat ada satu perubahan besar dalam tubuh Timnas Indonesia. Yakni perubahan mental yang kuat dan pantang menyerah.

Memang dalam laga tersebut, Timnas Indonesia sejatinya sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Witan Sulaeman.

Burundi kemudian secara mengejutkan mampu mencetak dua gol dan berbalik unggul. Namun mental skuat Garuda berbicara dan terus berjuang menghindari kekalahan.

Alhasil perjuangan itu berhasil usai Jordi Amat mencetak gol penyeimbang untuk Timnas Indonesia di 90+4. Gol ini pun memaksa laga berakhir imbang 2-2.

Melihat perjuangan Timnas Indonesia hingga menit akhir, Shin Tae-yong memuji mental Timnas Indonesia yang semakin meningkat.

"Secara mental kita lebih baik, sampai akhir tidak menyerah. Jadi itu menjadi pujian tersendiri," ucap Shin Tae-yong.

Dari dua laga melawan Burundi, Shin Tae-yong sudah melihat perubahan signifikan di skuat Timnas Indonesia.