Liga Indonesia

Sinergi AICE dan Robby Darwis dalam Pengembangan Sepak Bola Usia Dini

Rabu, 29 Maret 2023 00:10 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih PSKC Cimahi, Robby Darwis. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih PSKC Cimahi, Robby Darwis.

INDOSPORT.COM - AICE Group bersama tokoh sepak bola nasional Robby Darwis dan Dinas Jasmani Angkatan Darat TNI (Disjasad) membangun sinergi pengembangan sepak bola anak usia dini berbasiskan sekolah via kampanye AICE #15HariBerbagiSehat. 

Setelah sebelumnya banyak bersinergi dalam pembinaan bibit usia dini di SSB, Aice meyakini pembinaan bibit atlet sepak bola juga perlu dilakukan melalui jenjang sekolah non atlet. Upaya pembibitan dilakukan di berbagai tempat akan meningkatkan peluang lahirnya atlet sepak bola berkualitas dunia dari Indonesia. 

Dalam festival ini, AICE Group sesuai dengan misinya juga membagikan kebahagiaan kepada para peserta dan tamu undangan kebahagian melalui ribuan Aice Mochi yang notaben festive dessert atau cemilan saat perayaan. 

Juru Bicara sekaligus Brand Manager Aice Group Sylvana Zhong menjelaskan, jenjang sekolah berbasis pendidikan formal SD juga dapat menumbuhkan bakat-bakat baru berkualitas dalam Festival Sepak Bola SD Piala Kadisjasad yang berlangsung di Lapangan Disjasad, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

“Festival yang diinisiasi Kang Robby Darwis dan Disjasad TNI ini adalah salah satu barometer penting pengembangan sepak bola usia dini. Kegiatan ini menjadi ajang prestasi berbagai SD yang kami percaya juga memiliki bibit atlet terbaik bangsa,” jelas Sylvana. 

Dukungan tersebut merupakan kesekian kalinya AICE Group berperan aktif menemani generasi muda Indonesia dalam tumbuh dan berkembang. 

Lewat kampanye #15HariBerbagiSehat, Aice banyak menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas anak muda, lembaga, serta asosiasi untuk menyalurkan beragam dukungan moral dan morilnya, mulai dari sektor pendidikan, olahraga, kesehatan, hingga kesenian. 

Di sisi lain, mantan Kapten timnas Indonesia dan Persib Bandung, Robby Darwis, meyakini festival ini menjadi solusi pembibitan dan pembinaan atlet yang terbuka bagi semua siswa SD. Pintu masuk lain pembibitan usia dini yang tidak terakomodasi dalam jalur SSB. 

Robby menambahkan, koalisi pemangku kepentingan yang digalangnya kali ini bukan hanya mendukung operasionalisasi kegiatan kompetisi, namun juga mendorong pembudayaan sepak bola ke semua lini masyarakat, termasuk di komunitas lembaga pendidikan non atlet. 

“Sepak bola harus dikelola dengan serius mulai dari akar rumput dan berjenjang di banyak kelompok umur. Mulai fase dini anak hingga level profesionalnya," jelas Robby Darwis. 

"Pembinaan di usia dini ini sangatlah krusial dalam pengembangan karakter mentalitas, skill dan teknik sepak bola. Dengan sinergi banyak tokoh dan lembaga di dalamnya Insha Allah upaya melahirkan banyak pesepak bola terbaik di masa depan akan lebih mudah dicapai,” cetusnya. 

Festival ini juga dimaksudkan Robby untuk menjadi kurikulum pembinaan atlet sepak bola usia muda bagi seluruh SD di Jawa Barat. Mereka membangun atmosfer kompetisi sepak bola yang sehat bagi ratusan sekolah dan ribuan atlet dengan kategori usia 11 dan 13 tahun.