Bola Internasional

Media Israel Soroti Pembatalan Piala Dunia U-20, Sebut Indonesia Disanksi Berat FIFA

Kamis, 30 Maret 2023 16:11 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Toby Melville
Media Israel menyoroti batalnya Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan berlangsung di Indonesia, bahkan mereka menyebutkan bahwa skuat Garuda akan disanksi. (Foto: REUTERS/Toby Melville) Copyright: © REUTERS/Toby Melville
Media Israel menyoroti batalnya Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan berlangsung di Indonesia, bahkan mereka menyebutkan bahwa skuat Garuda akan disanksi. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM - Media israel menyoroti batalnya Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan berlangsung di Indonesia. Bahkan, mereka menyebutkan bahwa skuat Garuda akan disanksi berat oleh FIFA.

FIFA telah membuat keputusan untuk mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2023, pada Rabu (29/03/23) malam WIB.

Keputusan tersebut keluar setelah pertemuan yang dilakukan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Menyusul pertemuan antara Gianni Infantino dan Erick Thohir, FIFA memutuskan dengan keadaan terkini mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023."

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, sementara pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 tetap tidak berubah," dikutip dari laman resmi FIFA.

Hal tersebut mengacu pada keadaan di Indonesia yang dianggap oleh FIFA tidak aman untuk menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Indonesia mengalami beberapa masalah di bidang sepak bola. Bermula pada Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober 2022 lalu.

Teranyar, beberapa pemangku jabatan seperti I Wayan Koster (Gubernur Bali) dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), secara terang-terangan menolak kehadiran Israel di Indonesia.

Keadaan itu disebabkan karena Israel dianggap sebagai salah satu negara yang masih melakukan penjajahan dan tidak memberikan kebebasan kepada Palestina.

Keadaan itu lantas membuat media Israel mehyoroti batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia, serta menyebut bahwa skuat Garuda akan mendapat sanksi berat dari FIFA.