Bola Internasional

Shin Tae-yong Masih 'Buta' Soal Masa Depan Timnas U-20 Pasca Batalnya Piala Dunia U-20

Kamis, 30 Maret 2023 23:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Tanggana Pelatih timnas indonesia, Shin Tae-yong rumor piala dunia yang bisa batal di Indonesia. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Tanggana Pelatih timnas indonesia, Shin Tae-yong rumor piala dunia yang bisa batal di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengatakan belum punya rencana setelah batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Fokusnya saat ini adalah menenangkan mental para pemain.

Menurut Shin Tae-yong, suasana hati Hugo Samir dan kawan-kawan sedang kacau. Karena itu, dia belum menentukan apakah melanjutkan pemusatan latihan.

Pelatih asal Korea Selatan itu menunggu kepulangan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang sebelumnya bertemu FIFA di Qatar. Setelahnya, baru diputuskan soal nasib Timnas U-20

"Kalau lihat suasana pemain pasti kita tidak bisa lakukan latihan normal. Kami akan putuskan setelah Pak Erick pulang ke Jakarta," kata Shin Tae-yong.

"Tujuan saya mau membuat hati pemain jadi stabil dulu. Jadi pastinya porsi latihan berkurang," imbuhnya.

Shin Tae-yong juga masih menunggu keputusan dari FIFA apakah Indonesia masih boleh berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023 atau tidak. Sejauh ini belum ada informasi resmi jika Timnas U-20 dicoret.

Meski hampir mustahil, bisa saja skuad Garuda Nusantara diizinkan bertanding jika tuan rumah penggantinya adalah satu dari 24 negara peserta yang lolos.

"Memang seperti kata Pak Waketum PSSI (Zainudin Amali), walau Piala Dunia  kita dicabut, tapi bisa saja masih ada potensi ikut menjadi peserta di negara mana pun. Jadi kalau begitu pasti akan latihan normal juga," ujarnya.

Shin Tae-yong menjelaskan, kondisi para pemain Timnas U-20 tidak baik-baik saja usai batalnya Piala Dunia U-20 2023. Hokky Caraka dan kawan-kawan terlihat sangat kelelahan.