In-depth

Mulai Buat Erik ten Hag Jengah, Tim Mana yang Cocok Tampung Jadon Sancho?

Rabu, 5 April 2023 00:46 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/David Klein
2022/2023 menjadi musim bak roller coaster bagi Jadon Sancho di Manchester United. Ia sempat punya momen apik namun kejatuhannya juga menyakitkan. (Foto: REUTERS/David Klein) Copyright: © REUTERS/David Klein
2022/2023 menjadi musim bak roller coaster bagi Jadon Sancho di Manchester United. Ia sempat punya momen apik namun kejatuhannya juga menyakitkan. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - 2022/2023 menjadi musim bak roller coaster bagi Jadon Sancho di Manchester United. Ia sempat punya momen apik namun kejatuhannya juga menyakitkan.

Winger asal Inggris tersebut pada awalnya bisa menjadi bagian integral skuad asuhan Erik ten Hag pada awal musim ini dengan menelurkan tiga gol dari delapan laga pertamanya.

Namun perlahan ritme Sancho menghilang dan posisinya di starting XI mulai tergantikan oleh Marcus Rashford, Antony, dan bahkan pemain muda Alejandro Garnacho.

Titik terendah eks Manchester City dan Borussia Dortmund itu adalah ketika ia jatuh dalam depresi dan harus absen untuk waktu yang lama dari tim inti Manchester United.

Sancho tidak bermain mulai dari penhujung Oktober 2022 hingga awal Februari 2023. Oleh Ten Hag, ia diberikan program latihan khusus di luar negeri untuk bisa mengembalikan fokusnya serta dijauhkan dari perhatian media.

Hasilnya sempat terlihat menjanjikan. Di partai keduanya pasca comeback, Jadon Sancho sempat membukukan gol penting di derby Liga Inggris kontra Leeds United yang membuat skor menjadi 2-2.

Pemain 23 tahun itu kemudian juga diberi kepercayaan menjadi starter dalam dua leg menghadapi Barcelona dalam ajang Liga Europa sekaligus mengukir satu gol lagi melawan Leicester City di antaranya namun setelah itu kontribusinya menipis lagi.

Sudah di tujuh penampilan terakhir tidak ada gol maupun assist yang terlahir dari kaki dan kepala Sancho. Ia juga hanya dianggap pantas untuk menyelesaikan 90 menit di satu partai saja yang mana menandakan ia selalu diganti atau hanya jadi pengganti.

Dari seorang bintang berharga 85 juta Euro, Erik ten Hag jelas berharap jika anak asuhnya tersebut bisa memberikan hal lebih pada Manchester United.

Kini beredar kabar jika sang pelatih mulai jengah dengan performanya dan mungkin akan membuka opsi penjualan di bursa transfer musim panas mendatang mengingat Sancho bukan pembelian yang ia lakukan. Jika benar demikian, maka empat klub ini bisa jadi tempat pelarian Sancho demi memperbaiki semuanya.