Liga Indonesia

Persebaya vs Persija: Momentum Macan Kemayoran

Rabu, 5 April 2023 11:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Heru Firmansyah/INDOSPORT
Persebaya vs Persija, momentum Macan Kemayoran. Copyright: © Heru Firmansyah/INDOSPORT
Persebaya vs Persija, momentum Macan Kemayoran.

INDOSPORT.COM - Laga lanjutan Liga 1 2022-2023, mempertemukan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta di Gelora Joko Samudro, Gresik, Rabu (05/04/23) malam.

Meski secara head to head Persija Jakarta kalah dari Persebaya Surabaya, laga pekan ini nampaknya akan jadi momentum emas bagi kubu Macan Kemayoran.

Persija Jakarta merupakan tim papan atas Liga 1, mengunci posisi tiga besar dengan perolehan 57 poin dari 17 laga.

Jika skuatd besutan Thomas Doll berhasil menghajar Persebaya di markasnya, Macan Kemayoran akan menyenggol posisi Persib Bandung di peringkat kedua.

Apalagi dengan modal kemenangan atas Persib Bandung di laga sebelumnya, Persija Jakarta makin percaya diri untuk menjegal Persebaya, dan naik ke posisi lebih tinggi.

Ya, skuat berjuluk Macan Kemayoran baru saja menaklukkan musuh bebuyutannya sekaligus tim papan atas Liga 1, Persib Bandung, dengan skor 2-0 tanpa balas.

Dua gol dicetak oleh Riko Simanjuntak di babak pertama, dan Michael Krmencik di babak kedua. Kiper Andritany Ardhyasa sukses mencatatkan clean sheet di laga ini.

Di sisi lain, Persebaya Surabaya baru bisa merangkak ke peringkat 8 klasemen Liga 1 dengan koleksi 45 poin dari 30 laga.

Skuat berjuluk Bajul Ijo itu sukses meraih kemenangan atas Persikabo 1973 dan PSIS Semarang. Capaian ini sekaligus memutus tren negatif enam laga tanpa kemenangan.

Melihat catatan sejak Persebaya promosi ke Liga 1, tim ini memang lebih unggul head to head dari Persija Jakarta. Bajul Ijo menang tiga kali, dan imbang empat kali. Sementara Persija belum pernah menang atas Green Force.

Di Liga 1 2018, Persebaya menang satu kali dan imbang satu kali. Lalu di Liga 1 2019, Bajul Ijo bahkan meraih kemenangan 3-0 ketika berlaga di hadapan Jakmania.

Demikian pula di Liga 1 2021-2023, Persebaya menang 1-0 saat bertandang ke markas Persija Jakarta. Kala itu laga dihelat secara terpusat di Stadion Maguwoharjo.

Pada putaran pertama Liga 1 2022-2023, skuat besutan Aji Santoso memang hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Persija. Namun kali ini, mereka harus berhati-hati.

Sebab, Persija Jakarta sedang dalam misi serius ingin mencuri tiga poin dari Gelora Joko Samudro, dan finis di posisi kedua klasemen Liga 1.

Semakin menarik untuk menantikan laga big match antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta, Rabu (05/04/23) malam, mulai pukul 20.30 WIB.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!