In-depth

3 Pemain Bergelar Juara yang Penampilannya 'Turun Kelas' di Liga 1 2022/23

Selasa, 4 April 2023 23:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan. Copyright: © baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan.

INDOSPORT.COM - Liga 1 2022/23 akan segera berakhir dengan sisakan dua pertandingan. Tapi, PSM Makassar telah berhasil keluar sebagai juara, sekaligus akhiri puasa gelar selama 23 tahun.

Sejauh ini, Liga 1 2022 banyak melahirkan pemain yang sedang top perform seperti Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Jonathan Bustos (Borneo FC), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta) dan lainnya.

Penampilan mereka sangat memukau dan membawa klubnya di papan atas.

Jika ada pemain tampil bagus, maka ada pula pemain yang under perform. Karenanya, INDOSPORT memilih tiga nama kurang beruntung pada musim ini.

Tiga nama ini bukan kaleng-kaleng, lantaran mereka pernah catatkan gelar individu dan meraih trofi juara Liga 1 ataupun Piala Indonesia bersama klub sebelumnya.

Penasaran dengan tiga pemain yang under perform di Liga 1 musim ini? Berikut pembahasannya. 

Wawan Hendrawan

Wawan sebelumnya adalah kiper andalan di Bali United selama lima musim. Dia bantu tim Serdadu Tridatu menangkan gelar Liga 1 2019 dan 2021.

Pemain 40 tahun itu mainkan 97 pertandingan bersama Bali United. Wawan Hendrawan dinobatkan sebagai kiper terbaik ISA (Indonesia Soccer Award) 2019 oleh Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Wawan Hendrawan juga dipilih sebagai kiper terbaik versi PT LIB pada 2019 lalu.  Dia mencatatkan 31 penampilan dan kebobolan 30 kali dari total 35 gol yang bersarang ke gawang Bali United musim itu.

Tapi, sejak memutuskan pindah ke RANS Nusantara FC pada Liga 1 2019, penampilan Wawan menurun. Dia baru mainkan 13 pertandingan tapi sudah kebobolan 32 gol.

Apesnya, Rans Nusantara FC menjadi tim juru kunci di klasemen Liga 1. Dari 32 laga, klub milik Raffi Ahmad ini hanya menang 3 kali, 9 imbang dan 20 kali menelan kekalahan.