Liga Indonesia

Nego Kontrak dengan Ryo Matsumura Buntu, Ini Jawaban Manajemen Persis Solo

Senin, 10 April 2023 10:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Persis Solo
Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang lawan. Foto: Persis Solo. Copyright: © Persis Solo
Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang lawan. Foto: Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Persis Solo mengakui belum mencapai kesepakatan baru dengan penyerang asal Jepang, Ryo Matsumura. Masa depan bintang Laskar Sambernyawa di Liga 1 2023/2024 masih jadi tanda tanya.

Ryo Matsumura merupakan rekrutan telat Persis Solo pada Liga 1 2022/2023 yang direkrut bersama Fernando Rodriguez, setelah klub mengakhiri kerja sama secara mendadak dengan Gerard Artigas dan Aaron Evans.

Status Ryo terbilang berbeda dengan pemain asing lainnya. Dia bergabung dengan status pinjaman dari klub Thailand, BG Pathum United.

Ia dipinjamkan karena kurang bersinar di Liga 1 Thailand, baik saat membela BG Pathum United atau ketika dipinjamkan ke Police Tero. Inilah negara kedua di luar Jepang yang menjadi tujuan eks Vissel Kobe ini.

Ryo mencatatkan debut saat Persis Solo dikalahkan Persita Tangerang 1-2 di Stadion Manahan Solo, 14 Agustus 2022 lalu. Awalnya, performanya kurang maksimal ketika ditempatkan sebagai gelandang sayap kiri.

Setelah Rasiman ditunjuk sebagai pengganti sementara Jacksen Tiago, performa Ryo Matsumura mulai menggila. Ia ditempatkan sebagai sosok di belakang striker utama.

Dua gol ke gawang Bali United pada 15 September 2022 menjadi awal dari kegilaan Ryo musim ini. Ia kembali mencetak brace ke gawang RANS Nusantara FC pada 6 Desember 2022.

Total, dalam 28 penampilan, Ryo sudah mengemas sebelas gol dan enam assist. Ryo juga mencatatkan 803 umpan dengan 612 di antaranya tepat sasaran.

Catatan mengkilap itu membuat Persis Solo sangat menginginkan Ryo ada di skuat musim depan. Makanya, nego kontrak baru sudah dilakukan sejak Januari 2023 lalu.

Persis Solo pun melakukan pembicaraan dengan Ryo, sang agen, dan BG Pathum United selaku klub yang masih memiliki kontrak dengan sang pemain.

Namun, negosiasi itu tak semulus ketika Persis Solo memperpanjang kontrak Alexis Messidoro. Gelandang jebolan akademi Boca Juniors itu sudah setuju dengan kontrak baru hingga 2025.