In-depth

3 Pemain Asing Overrated di Liga 1 2022-2023, Ada yang Seharga Rp26 Miliar!

Selasa, 18 April 2023 13:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik.

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia 2022-2023 telah rampung dan PSM Makassar berhasil keluar sebagai juara. Banyak momen ataupun aksi menghibur dari pemain lokal maupun asing sepanjang 34 laga yang dilewati.

Aksi para pemain ini, khususnya legiun asing, sangat ditunggu oleh para penggemar. Tapi, terkadang mereka tampil tidak sesuai ekspetasi, meski merupakan jebolan kompetisi Eropa. 

Sejumlah pemain asing lantas mendapat predikat overrated, yakni mereka dinilai berlebihan, padahal secara permainan biasa saja dan tak sesuai harganya yang mahal.

Jika Matheus Pato dari Borneo FC menggila di musim debut Liga 1 dan menjadi top skor dengan torehan 25 gol, maka ada pemain dari Persija Jakarta dan Bhayangkara FC yang justru sebaliknya.

Dari empat pemain asing yang didatangkan Persija, dua di antaranya bisa dibilang overrated. The Jakmania nampaknya berharap terlalu tinggi jika berkaca dari pengalaman kedua pemain tersebut.

Lantas, siapa saja pemain asing Liga 1 2022-2023 yang tampil tak sesuai ekspetasi? Berikut pembahasan dan hasil penelusuran INDOSPORT.

Michael Krmencik (Persija)

Pemain asal Republik Ceko ini awalnya digadang-gadang menjadi predator mematikan bagi Persija karena Micha, sapaan akrabnya, pernah dipanggil timnas negaranya.

Michael Krmencik juga tercatat punya 35 caps bersama Rep. Ceko sejak menjalani debut pada 2016 silam. Micha bermain di ajang Euro 2020, UEFA Nations League, Kualifikasi Piala Dunia, dan FIFA Matchday.

Di ajang Euro 2020, Michael Krmencik tercatat bermain sebanyak empat laga, termasuk saat Ceko kalah 1-2 dari Denmark di perempat final. Dia juga sempat merasakan atmosfer Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League.

Di Liga Champions, striker berpostur 1,91 meter ini merasakan kerasnya persaingan bersama dua klub berbeda, yakni Viktoria Plzen (2018-2019) dan Club Brugge (2020-2021), masing-masing tiga penampilan.