In-depth

4 Pesepak Bola Wanita Top Eropa yang Ternyata Berdarah Indonesia

Sabtu, 22 April 2023 07:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter/@waleedabunada
Sepak bola wanita cukup dipandang di kancah Eropa dan ternyata ada beberapa pemain sepak bola wanita yang memiliki garis keturunan Indonesia. Copyright: © Twitter/@waleedabunada
Sepak bola wanita cukup dipandang di kancah Eropa dan ternyata ada beberapa pemain sepak bola wanita yang memiliki garis keturunan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sepak bola wanita cukup dipandang di kancah Eropa. Ternyata ada beberapa pemain sepak bola wanita yang memiliki garis keturunan Indonesia.

Kompetisi sepak bola wanita (Liga 1 Putri) sempat digalakkan di Indonesia pada tahun 2019. Sayangnya, pandemi Covid-19 harus menghentikan mimpi para pemain wanita.

Ada beberapa pemain wanita yang cukup sukses melebarkan sayap ke luar negeri, seperti Zahra Muzdalifah, Shalika Aurelia, Naomi Nielsen, hingga Sabreena Dressler.

Namun, banyak pula yang kehilangan wadah untuk berkompetisi, dan tak jelas masa depannya. Bahkan Timnas Wanita Indonesia kini tidak ikut di SEA Games 2023.

Padahal, potensi Indonesia sangat bagus. Ada beberapa pemain wanita yang sukses di Liga Eropa, dan ternyata memiliki garis keturunan Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Riana Nainggolan

Dari namanya saja, sudah dipastikan jika Riana Nainggolan adalah pemain berdarah Batak. Namun, belum banyak yang tahu apa hubungan Riana dan Radja Nainggolan.

Riana Nainggolan adalah saudari kembar dari pemain top dunia, Radja Nainggolan, pemain berdarah Indonesia yang pernah bermain di AS Roma hingga Inter Milan.

Sama seperti saudara kembarnya, Riana Nainggolan pun memutuskan untuk jadi pesepak bola profesional. Riana bahkan menjadi bagian dari Timnas Wanita Belgia.

Terakhir kali Riana membela klub S.S.D. Res Roma, kompetisi sepak bola wanita kasta tertinggi di Italia, selevel dengan Serie A.

Namun, memasuki usia 34 tahun, Riana nampaknya sudah gantung sepatu dari lapangan hijau. Ia lebih sering terlihat melakoni olahraga futsal.