Bola Internasional

Berkat V-League, Media Vietnam Yakin Timnasnya Asapi Indonesia dan Thailand di SEA Games

Rabu, 19 April 2023 12:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© SEA Games 2023
Dukungan klub-klub V League diyakini akan membuat timnas Vietnam U-22 menyingkirkan Indonesia dan Thailand pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Copyright: © SEA Games 2023
Dukungan klub-klub V League diyakini akan membuat timnas Vietnam U-22 menyingkirkan Indonesia dan Thailand pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Dukungan klub-klub V League diyakini bisa membuat Vietnam U-22 menyingkirkan timnas Indonesia dan Thailand di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023.

Hal ini diklaim sebuah media lokal di Vietnam, Soha, saat mengulas persiapan terakhir pelatih Vietnam U-22, Philippe Troussier, jelang SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei 2023 mendatang.

Sebagai juara bertahan, Vietnam tergabung di Grup B bersama Thailand, Malaysia, Singapura dan Laos. Sementara timnas Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Thailand dan Indonesia sejauh ini masih dianggap rival terberat Vietnam. Soha pun meyakini Vietnam bisa melibas kedua negara tersebut sekaligus berkat kerja sama kompetisi domestik.

Menurut Soha, jadwal V League musim ini, yang diatur oleh dua induk sepak bola VPF dan VFF, telah memberikan keungungan bagi timnas Vietnam U-22 jelang SEA Games 2023.

“Meski menuai banyak kontroversi, tak bisa dipungkiri bahwa pengaturan jadwal V League oleh VPF dan VFF tahun ini memberikan banyak keuntungan bagi Vietnam U-22 menjelang SEA Games ke-32,” tulis Soha.

Soha pun menjelaskan salah satu alasan dukungan V League beri keuntungan timnasnya karena kompetisi V League 2023 memainkan 4 putaran pertandingan dan kemudian jeda cukup panjang.

Aturan jadwal ini memungkikan Vietnam U-22 fokus menjalani latihan dan bisa mengikuti turnamen persahabatan Doha Cup pada 22-28 Maret 2023 kemarin.

Setelah itu, V League 2023 akan memainkan 3 putaran lagi dan kemudian jeda panjang agar Vietnam U-22 bisa fokus persiapan sejak awal sebelum bertolak ke Kamboja.

Nah, dalam tiga putaran terakhir V League tersebut, sebagian besar klub jyga sangat aktif menggunakan pemain U-22 untuk mendukung pelatih Trossier.