In-depth

4 Pemain Paling Berpengaruh yang Bawa Timnas Indonesia Menangi SEA Games 1991

Minggu, 23 April 2023 13:00 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menuju SEA Games 2023, Timnas Indonesia dibayang-bayangi pada medali emas yang sukses diraih pada tahun 1991 lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menuju SEA Games 2023, Timnas Indonesia dibayang-bayangi pada medali emas yang sukses diraih pada tahun 1991 lalu.

INDOSPORT.COM – Menuju SEA Games 2023, timnas Indonesia dihadapkan pada medali emas yang diraih pada tahun 1991 lalu. Empat pemain ini yang paling berpengaruh dalam tim.

Timnas Indonesia memang sudah cukup lama meraih medali emas di SEA Games dengan yang teranyar diraih pada tahun 1991.

Seperti diketahui, timnas Indonesia di SEA Games 1991 diraih oleh pelatih asal Eropa Timur, yaitu Anatoli Polosin dengan perpaduan pemain senior dan junior.

Inilah 4 pemain yang cukup berpengaruh di skuad timnas Indonesia yang mendapatkan medali emas SEA Games 1991, seperti dikutip dari beberapa sumber.

4. Hanafing

Hanafing memang disebut menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di skuad timnas Indonesia yang berlaga di SEA Games 1991 lalu.

Kemampuannya membantu serangan dari sayap kiri menjadi andalan Anatoli Polosin dalam meracik strategi untuk timnas Indonesia.

Selain itu, pria yang sempat menjadi pelatih PSM Makassar ini sempat menyebut bahwa dirinya digembleng secara fisik oleh Polosin sebelum turun di SEA Games 1991.

Hanya saja, dengan stamina kuat, Hanafing mampu memainkan pola 3-5-2 garapan Polosin dan kerap dituntut untuk bermain menyerang dan bertahan sama baiknya.

3. Robby Darwis

Salah satu bek senior yang dibawa oleh Anatoli Polosin dalam tim SEA Games 1991 adalah legenda Persib Bandung, Robby Darwis.

Pemain yang dikenal garang ketika bermain sebagai bek tengah itu bahkan sempat memiliki pengalaman unik sebelum laga timnas Indonesia.