Liga Indonesia

Lupakan Gelar Pemain Muda Terbaik Liga 1, Bek Persija Fokus Persaingan SEA Games 2023

Selasa, 25 April 2023 07:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pergerakan bek Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi dibayangi gelandang Borneo FC, Wahyudi Hamisi dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (10/3/22). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pergerakan bek Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi dibayangi gelandang Borneo FC, Wahyudi Hamisi dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (10/3/22).

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi, mengatakan adaptasi berjalan lancar, meski dia telat bergabung ke pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. Dia siap bersaing untuk dapatkan tempat utama.

Rio Fahmi baru belakangan gabung Timnas Indonesia U-22 karena harus membela klubnya, Persija Jakarta di Liga 1 2022. Dia membantu Macan Kemayoran finish diposisi runner-up dan amankan tiket Kualifikasi Piala AFC 2023/24.

Setelahnya, bek 21 tahun tersebut mengalihkan fokus ke Timnas Indonesia U-22. Rio mengatakan, tim pelatih skuat Garuda Muda mulai memberikan latihan taktikal karena pertandingan pertama di SEA Games 2023 dimainkan 29 April nanti.

"Untuk persiapan alhamdulillah berjalan lancar, apa yang diinstruksikan pelatih Insya Allah akan kami jalankan," ujarnya.

"Untuk hari-hari mendekati keberangkatan ke Kamboja, pelatih sedikit meningkatkan kondisi fisik dan lebih banyak ke taktikal," tambah Rio Fahmi. 

Pemain kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, itu juga sudah melupakan euforia usai jadi pemain muda terbaik Liga 1 2022. Rio ingin membantu Timnas U-22 meraih medali emas.

Indonesia sejauh ini sudah puasa gelar cabor sepak bola SEA Games selama 32 tahun. Terakhir skuad Garuda juara pada 1991 di Filipina.

"Untuk penghargaan kemarin sudah saya lupakan karena itu sudah berlalu. Ke depannya saya akan fokus membantu timnas, apa yang ditargetkan pemerintah Insya Allah bisa tercapai, amin," ujarnya.

Lebih lanjut, Rio Fahmi menegaskan tak takut bersaing untuk memperebutkan posisi bek kanan Timnas U-22. Dia akan bersaing dengan Bagas Kaffa dan Fajar Fathurrahman.

"Kebetulan Fajar Fathurrahman dipasang di sayap kanan, jadi di bek kanan ada saya sama Bagas. Tapi kita semua saling support agar menghasilkan yang terbaik untuk Indonesia," tuntas.